Selamat Datang di Blog Saya

Halo pembaca semua, saya harap Anda menikmati apa yang saya ketik. Mudah-mudahan informasi tersebut berguna dan bermanfaat bagi Anda pembaca semuanya.

Salam Kenal ☜☠☞

Minggu, 12 November 2017

Game Theory: Shooting

Permainan game shooting game dimana pemain harus menembakkan peluru ke sebuah objek atau sasaran dengan tepat sehingga akan mendapatkan poin /nilai. Untuk membuat game shooting game memerlukan software yaitu Macromedia Flash-8 , RPG maker dsb. Untuk membuat game shooting, yang di perlukan ialah : pembuatan karakter , pembuatan latar belakang , pembuatan suara , pembuatan system kordinat , pembuatan tranlasi , pembutan rotasi dan pembuatan transformasi.
 
Gambaran umum tentang Shooting

Pembuatan karakter
Pembuatan karakter harus semenarik mungkin ,biasanya pembutan karakter ini mengunakan .png atau swf. Pembuatan karakter dapat menggambarkan alur cerita daripada game tersebut, selain itu, tokoh - tokoh pendukung pun diperlukan agar alur cerita terasa hidup. Pembuatan karakter pun harus sesuai dengan alur cerita dan dibuat semenarik mungkin agar menarik minat untuk memainkan game tersebut.


Pembuatan latar belakang
Dalam pembuatan latar belakang, dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :
·         Static background : background yang diam atau tidak bergerak ketika game dimainkan, sehingga tidak mengikuti pergerakan dari karakter yang akan dimainkan didalam game.
·         Scrolling background : background bertipe scrolling, dimana background ini dapat bergerak dari kanan kekiri, atas kebawah, atau bergerak bebas ketika game dimainkan maupun bergerak sesuai dengan perintah yang diinginkan dari user didalam game tersebut.


Pembuatan suara :
Dalam pembuatan suara didalam game, dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu 
·         Suara Background (background music) : biasanya suara ini digunakan ketika user akan masuk kedalam menu utama game, atau dalam video yang tertera didalam game tersebut.
·         Suara Efek (sound effect) : biasanya suara ini digunakan ketika user menggunakan suatu senjata dan suara yang dihasilkan ketika senjata itu akan ditembakan maupun aksi yang dilakukan didalam game tersebut.

Sistem koordinat
Pada mata pelajaran matematika, kita mengenal sistem koordinat kartesian. Pengetahuan yang kuat akan matematika, akan sangat mendukung dalam memahami sistem koordinat layar. Pada sistem koordinat kartesian sumbu utama dibagi menjadi sumbu x (horisontal) dan sumbu y (vertikal). Persimpangan antara sumbu tersebut merupakan koordinat (0,0). Pada sumbu x semakin ke kiri maka nilai x semakin kecil dan sebaliknya semakin ke kanan nilai x semakin besar. Pada sumbu y semakin ke bawah maka nilai y semakin kecil dan sebaliknya semakin ke atas nilai y semakin besar. Pada sistem koordinat layar komputer, hampir sama dengan koordinat kartesian, sumbu utama dibagi menjadi sumbu x (horisontal) dan sumbu y (vertikal). Akan tetapi pada layar flash, koordinat (0,0) adalah pojok kiri atas layar. Perbedaan selanjutnya adalah pada sumbu y. Pada sumbu y semakin ke bawah maka nilai y semakin besar dan sebaliknya semakin ke atas nilai y semakin kecil.

Pembuatan Transormasi 
Suatu teknik untuk melakukan perubahan pada posisi dan ukuran dari suatu obyek, dengan begitu karakter dalam game dapat melakukan gerakan perpindahan dari suatu tempat ke tempat yang lainnya. Transformasi yang akan dibahas disini adalah transformasi untuk obyek 2-D, karena game yang akan dibuat berupa game 2-D.
Transformasi dibagi menjadi beberapa teknik antara lain:
1. Translasi
2. Rotasi
·         Untuk Translasi : Suatu cara yang digunakan untuk memindahkan atau menggeser suatu titik ke titik yang baru dimana pergeserannya berupa garis lurus.
·         Untuk Rotasi :Suatu cara yang digunakan untuk memutar suatu titik dengan koordinat (x,y) untuk mendapatkan koordinat titik yang baru dengan menggunakan suatu sudut putar. Rotasi suatu obyek pada dua dimensi adalah mengubah posisi dari suatu obyek tersebut berupa perputaran pada sumbu xy.
 
Salah satu bentuk game Shooting

Referensi :
https://ucupkelings.wordpress.com/2011/04/16/teori-game-shooting/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik
Tidak ada unsur SARA, Pornografi, Ejekan,dsb
Salam Blogger...!!