Selamat Datang di Blog Saya

Halo pembaca semua, saya harap Anda menikmati apa yang saya ketik. Mudah-mudahan informasi tersebut berguna dan bermanfaat bagi Anda pembaca semuanya.

Salam Kenal ☜☠☞

Sabtu, 04 November 2017

Aplikasi Digital Cinema Berbasis Desktop : Adobe Premiere Pro

Pembuatan suatu efek didalam suatu industri perfilman dibuat dengan menggunakan teknologi dan animasi yang dibentuk oleh seorang animator. Pembuatan efek tersebut tak luput dari penggunaan sebuah software yang ada untuk membuat suatu efek menjadi nyata, salah satu software yang digunakan adalah Adobe Premiere Pro.
Logo Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro merupakan sebuah program penyunting video berbasis non-linear editor (NLE) dari Adobe Systems. Adobe Premiere Pro merupakan program pengolah video pilihan untuk kalangan profesional, terutama yang suka bereksperimen. Program ini banyak digunakan oleh perusahaan Pembuatan Film/Sinetron, Broadcasting, dan Pertelevisian. Adobe Premiere Pro memiliki sekitar 45 efek video dan 12 efek audio, yang bisa untuk mengubah pola tampilan dan menganimasikan klip video dan audio. Beberapa efek memerlukan kartu grafis yang berkualitas tinggi. Namun dari 45 efek itu, hanya 3 efek saja yang memerlukan kartu grafis kelas tinggi (misal. AMD atau NVIDIA) agar bisa diaplikasikan pada klip video.

Adobe Premiere Pro juga memiliki sekitar 30 macam transisi (perpindahan antar-klip) sehingga peralihan antara klip video satu ke klip video selanjutnya lebih dinamis. Sama seperti efek, beberapa tranisi juga memerlukan kartu grafis yang berkualitas tinggi seperti AMD atau NVIDIA. Ada 5 transisi yang memerlukan kartu grafis AMD atau NVIDIA agar bisa diaplikasikan. Adobe Premiere Pro memiliki fitur - fitur penting, antara lain Capture (perekam video) Monitor, Trim (alat pemotong klip) Monitor, dan Titler (Pembuat teks judul) Monitor. Pada efek-efek video Adobe Premiere Pro terdapat Keyframe seperti yang terdapat pada Adobe After Effects ( cara menganimasikannya juga hampir sama ).

Pada Titler, dapat membuat teks judul/title dan mengubah properti dari teks itu seperti mengubah bentuk huruf, memberi dan mengubah warna, memberi kontur, garis luar (outline), membuat animasi pergerakan atau animasi teks berjalan (roll and/or crawl), bisa juga untuk memberi shapes/bangun datar agar tampilan judul/teks video terlihat lebih menarik. Tahap terakhir adalah export/output/menyimpan proyek dalam bentuk video dan didistribusikan ke berbagai media yang bisa menampilkan format video.

Berikut ini adalah gambaran dari Adobe Premiere Pro dalam membuat suatu objek :
Melakukan pengeditan video dengan menggunakan Adobe Premiere Pro

Penambahan efek pada sebuah video dalam Adobe Premiere Pro

Kontrol efek yang digunakan dalam Adobe Premiere Pro

Kelebihan software Adobe Premiere Pro diantaranya dapat mengcapture video dari camcorder yang terhubung dengan komputer, memiliki timeline yang dapat diisi dengan banyak video serta audio untuk memperkaua efek dan animasi, adanya dukungan file video yang dapat diedit, memiliki sistem yang stabil dan tidak mudah crash, dan mendukung sistem 64 bit, mendukung format video HD, memiliki kemampuan untuk membalik jalannya video dan memiliki kemampuan untuk melakukan rendering tanpa memasukan suara. Sementara itu kekurangan dari program Adobe Premiere Pro adalah dalam menggunakan program  tidak cukup mudah, memiliki ukuran instalasi yang besar, membutuhkan komputer dengan spesifikasi medium-high, tidak terdapat full screen preview, tidak dapat menyimpan video secara langsung, dan membutuhkan program pendukung untuk menjalankan beberapa teknik editing pada Adobe Premiere Pro.

Sistem yang direkomendasikan untuk menjalankan program Adobe Premiere Pro adalah
  • OS: Windows 7 SP1 64 bit /8/10, MacOs 10.11.6 / 10.12.4
  • CPU : Intel Core i5 @ 2.3 Ghz Processor atau AMD A10 @ 2.4 Ghz Processor dengan dukungan teknologi SSE3
  • Ram: 8 GB (Direkomendasikan 16 GB)
  • Graphics: Kartu grafis NVIDIA atau AMD dengan kapasitas memory 4 GB GPU rendering, dengan dukungan OpenCL 1.2 atau versi diatasnya
  • Display : 1280x800 (Direkomendasikan 1920x1080)
  • Storage : Kapasitas sebesar 8GB
  • Koneksi Internet
  • Port USB
  • Mouse dan Keyboard

Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Adobe_Premiere_Pro
https://dosenit.com/software/video-editing/kelebihan-dan-kekurangan-adobe-premiere
https://helpx.adobe.com/premiere-pro/system-requirements.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik
Tidak ada unsur SARA, Pornografi, Ejekan,dsb
Salam Blogger...!!