Selamat Datang di Blog Saya

Halo pembaca semua, saya harap Anda menikmati apa yang saya ketik. Mudah-mudahan informasi tersebut berguna dan bermanfaat bagi Anda pembaca semuanya.

Salam Kenal ☜☠☞

Minggu, 22 Oktober 2017

Pentingnya Melestarikan Kebudayaan

Pentingnya Melestarikan Kebudayaan
     Pemuda lebih mencintai budaya asing atau budaya luar yang tak selalu memnberikan dampak positif. Seperti gaya pakaian, lagu-Lagu, dan tingkah laku yang sangat berbeda jauh dengan ciri khas bangsa indonesia dengan demikian bangsa indonesia semakin kehilangan identitasnya.
     Klaim budaya yang terjadi pada saat ini oleh negara lain itu sebenarnya karena ulah kita sendiri yang sudah jarang melestarikan budaya tersebut, sehingga bangsa lain langsung meng-klaim budaya tersebut, para pemuda indonesia kurang paham dengan sejarah dan asal muasal budaya nya
     Kebudayaan harus dilestarikan sehingga kebudayan yang kita miliki terus berkembang karena kebudayaan adalah aset suatu negara yang sangat penting, anak cucu sebagai penerus kebudayaan harus belajar mencintai kebudayaan sehingga kebudayan tersebut tetap tumbuh dan ada ditengah – tengah masyarakat Indonesia.
     Masayarakat Indonesia harus menyadari pentingnya menjaga kebudayaan Indonesia memulai dari memakai produk – produk dalam negeri, belajar tarian – tarian tradisonal yang ada di Indonesia, mengenal lagu – lagu daerah , lebih memilih pemainan tradisional dari pada playstation. Mungkin memang susah memulainya tetapi mulai dari hal kecil maka kecintaan kita terhadap tanah air dan kebudayaan bangsa Indonesia akan tumbuh  karena kebudayan itu tidak muncul sendiri tapi kebudayaan ada karena diwariskan dari generasi ke generasi dan sebagai generasi kebudayaan masyarakat Indonesia harus melestarikan kebudayaannya sehingga negara tersebut dapat diakui oleh negara lain dan kebudayaan Indonesia tidak diklaim oleh negara lain, karena tidak mudah untuk melestarikan kebudayaan yang ada sampai sekarang , manusia dan kebudayaan yang diciptakannya harus terus hidup berdampingan satu dengan yang lain begitu juga bangsa Indonesia harus terus melestarikan kebudayaan yang dimilikinya.        
      Kebudayaan bangsa Indonesia sangat beragam dan harus dilestarikan sehingga kebudayaan tersebut akan selalu ada dan bisa diketahui oleh penerus – penerusnya , karena jika tidak dilestarikan kebudayaan bangsa Indonesia tidak hanya diklaim tapi akan hilang dan digantikan oleh kebudayaan – kebudayaan asing yang masuk ke Indonesia. Karena diera globalisai dan teknologi yang semakin maju ini akan menghilangkan budaya asli Indonesia sendiri.
     Tetapi teknologi juga bisa menjadi saran pemanfaatan untuk melestarikan kebudayaan misalnya jejaringan sosial facebook, twitter dan lain – lain untuk memperkenalkan kebudayaan bangsa dan itu merupakan suatu kebanggan yang harus dimilki oleh setiap masyarakat Indonesia sendiri.

Upaya – Upaya Pelestarian Kebudayaan Asli Bangsa Indonesia
     Bangsa Indonesia terdiri dari beragam suku bangsa dan unsur kebudayaan yang semua sebagaimana tersirat dalam Bhineka Tunggal Ika yang artinya “ walaupun berbeda – beda tetap satu jua “
     Kebudayaan lama atau yang sering disebut kebudayaan asli bangsa indonesia dimana kebudayaan ini belum terjamah oleh kebudayaan asing merupakan suatu harus  tetap kita pertahankan karena ini meryupakan suatu kebanggaan atau kekayaan bangsa kita, oleh karena itu supay kebudayaan – kebudayaan asli bangsa indonesia ini tetap ada marilah kita jaga bersama, adapun cara memelihara kebudayaan asli bangsa indonesia adalah sebagai berikut :

1. Melalui Media Massa
     Media massa mempunyai tugas dan kewajiban–selain menjadi sarana dan prasarana komunikasi–untuk mengakomodasi segala jenis isi dunia dan peristiwa-peristiwa di dunia ini melalui pemberitaan atau publikasinya dalam aneka wujud (berita, artikel, laporan penelitian, dan lain sebagainya)–dari yang kurang menarik sampai yang sangat menarik, dari yang tidak menyenangkan sampai yang sangat menyenangkan – tanpa ada batasan kurun waktu.
     Oleh karenanya, dalam komunikasi melalui media massa, media massa dan manusia mempunyai hubungan saling ketergantungan dan saling membutuhkan karena masing-masing saling mempunyai kepentingan, masing-masing saling memerlukan. Media massa membutuhkan berita dan informasi untuk publikasinya baik untuk kepentingan media itu sendiri maupun untuk kepentingan orang atau institusi lainnya; di lain pihak, manusia membutuhkan adanya pemberitaan, publikasi untuk kepentingan-kepentingan tertentu.
     Televisi sebagai media publik mempunyai daya tarik yang kuat tidak perlu dijelaskan lagi, kalau radio mempunyai daya tarik yang kuat disebabkan unsur-unsur kata-kata, musik dan sound effect, maka televisi selain ketiga unsur tersebut, juga memiliki unsur visual berupa gambar. Dan gambar ini bukan gambar mati, melainkan gambar hidup yang mampu menimbulkan kesan yang mendalam pada penonton. Daya tarik ini selain melebihi radio, juga melebihi film bioskop, sebab segalanya dapat dinikmati di rumah dengan aman dan nyaman, sedang televisi itu selain menyajikan film juga programa yang lain seperti seni tradisional. Sesuai fungsinya, media massa (termasuk televisi), selain menghibur, ada tiga fungsi lainnya yang cukup penting. Harold Laswell dan Charles Wright (1959) membagi menjadi empat fungsi media (tiga dicetuskan oleh Laswell dan yang ke empat oleh Wright). Keempat fungsi media tersebut adalah:
- Pengawasan (Surveillance)
- Korelasi (Correlation)
- Penyampaian Warisan Sosial (Transmission of the Social Heritage)
- Hiburan (Entertainment)

2. Pementasan – Pementasan
walau tidak mudah upaya-upaya pelestarian budaya kita harus tetap gencar dilakukan dengan berbagai cara diantaranya adalah pementasan-pementasan seni budaya tradisional di berbagai pusat kebudayaan atau tempat umum yang dilakukan secara berkesinambungan. Upaya pelestarian itu akan berjalan sukses apabila didukung oleh berbagai pihak termasuk pemerintah dan adanya sosialisasi luas dari media massa termasuk televisi. Maka cepat atau lambat, budaya tradisional kembali akan bergairah

3. Melibatkan Peran Pemerintah
     Mengembalikan peran aparat pemerintah sebagai pengayom dan pelindung, dan bukan sebaliknya justru menghancurkannya demi kekuasaan dan pembangunan yang berorientasi pada dana-dana proyek atau dana-dana untuk pembangunan dalam bidang ekonomi saja .
     Dan tugas utama yang harus dibenahi adalah bagaimana mempertahankan, melestarikan, menjaga, serta mewarisi budaya lokal dengan sebaik-baiknya agar dapat memperkokoh budaya bangsa yang akan megharumkan nama Indonesia. Dan juga supaya budaya asli negara kita tidak diklaim oleh negara lain.

4.  Menyelenggarakan Mata Pelajaran Muatan Lokal
Dengan adanya Sekolah Selenggarakan Mata Pelajaran Muatan dan ekstrakurikuler wajib berbasis pelestarian seni budaya setempat,  dapat menimbulkan rasa cinta dan bangga memiliki kebudayaan tersebut, dengan demikian para genarasi muda dapat mengetahui kebudayaan – kebudayaan yang ada di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik
Tidak ada unsur SARA, Pornografi, Ejekan,dsb
Salam Blogger...!!