Selamat Datang di Blog Saya

Halo pembaca semua, saya harap Anda menikmati apa yang saya ketik. Mudah-mudahan informasi tersebut berguna dan bermanfaat bagi Anda pembaca semuanya.

Salam Kenal ☜☠☞

Minggu, 08 Oktober 2017

Efek Suara Pada Digital Cinema Dengan Dolby Surround 7.1

Dalam menonton suatu film di bioskop, biasanya kita akan disuguhkan dengan fantasi dari film tersebut, dimana film tersebut menampilkan gambar maupun efek yang luar biasa. Penggunaan efek didalam suatu film dapat membuat nilai tambah didalam film tersebut, apalagi penggunaan efek suara yang membuat film itu menjadi lebih hidup. Dalam penggunaan efek suara dalam industri perfilman, beberapa industri menggunakan efek suara yang sudah banyak dikenal, yaitu Dolby Surround 7.1

Tampilan awal Dolby Surround 7.1 pada sebuah bioskop




Dolby Surround 7.1 adalah sistem suara yang dibentuk oleh Dolby Laboratories yang menghadirkan suara theater 7.1 surround kepada para penonton film yang merupakan penambahan dua saluran baru dari Dolby Digital versi 5.1. Film pertama yang menampilkan penggunaan dari Dolby Surround 7.1 adalah Toy Story 3 pada tahun 2010 oleh Disney dan Pixar. Ada 6.000 lokasi yang menggunakan Dolby Surround 7.1 di seluruh dunia mulai Februari 2015. Sampai dengan bulan September 2017, hampir semua film besar diterbitkan dengan penggunaan Dolby Surround 7.1. Sementara pada bioskop 3D di beberapa negara terpilih, Dolby Surround 7.1 adalah format audio baru untuk bioskop yang telah didukung oleh Processors Digital Cinema pada Dolby CP650 dan Dolby CP750.

Singkatan dari nama saluran pada Dolby Surround 7.1

Konfigurasi saluran cinema dengan penggunaan Dolby Surround 7.1 dengan penambahan dua saluran diskrit baru pada teater, yaitu : Back Surround Left (Bsl) yang merupakan konfigurasi suara pada bagian kiri dan Back Surround Right (Bsr) yang merupakan konfigurasi suara pada bagian kanan seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah. Penggunaan saluran surround tambahan ini memberikan fleksibilitas penempatan audio yang lebih besar untuk disesuaikan dengan visual 3D yang digunakan pada teater, dan juga dapat meningkatkan definisi surround dengan konten 2D. 

Penggunaan Dolby Surround 7.1 pada sebuah bioskop

Bioskop yang dikoneksikan untuk Dolby Digital Surround EX ™ akan memiliki kabel dan amplifikasi yang sesuai untuk saluran ini sehingga mereka yang tidak dilengkapi kabel perlu memasang saluran penguat tambahan dan penambahan kabel berjalan seperlunya untuk memungkinkan saluran diskrit ini. Saluran Bsl dan Bsr dikalibrasi menjadi 82 dB, sama seperti pada instalasi Dolby Digital Surround EX standar. Bila digunakan dalam mode Dolby Surround 7.1, 82 dB menjadi level referensi untuk masing-masing dari keempat saluran surround baik dalam mixing maupun playback. Ringkasan routing surround channel di berbagai format atau mode decode dalam prosesor bioskop ditunjukkan pada gambar dibawah ini. 

Jalur kabel dari saluran Dolby Surround 7.1

Dengan penggunaan Dolby Surround 7.1 pada sebuah film maupun bioskop, akan meningkatkan penggunaan suara yang ditampilkan daripada film tersebut, sehingga suara akan lebih jernih, terdengar menyeluruh, dan efek yang ditampilkan dari film tersebut pun lebih realistis.

Referensi :
https://en.wikipedia.org/wiki/Dolby_Surround_7.1
https://www.dolby.com/us/en/technologies/dolby-surround-7-1.html






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik
Tidak ada unsur SARA, Pornografi, Ejekan,dsb
Salam Blogger...!!