Selamat Datang di Blog Saya

Halo pembaca semua, saya harap Anda menikmati apa yang saya ketik. Mudah-mudahan informasi tersebut berguna dan bermanfaat bagi Anda pembaca semuanya.

Salam Kenal ☜☠☞

Sabtu, 28 Oktober 2017

Aplikasi Digital Cinema Berbasis Desktop : Light Wave 3D

Pembuatan digital cinema pada suatu film maupun animasi membutuhkan tenaga yang berpengalaman agar film maupun animasi yang dihasilkan menjadi menarik perhatian masyarakat. Selain tenaga berpengalaman, pembuatan digital cinema pun diperlukan sebuah program yang mendukung, salah satu program untuk membuat digital cinema berbasis desktop adalah LightWave 3D.

Logo Light Wave 3D

LightWave
 (LightWave 3D) adalah sebuah program grafik komputer untuk pemodelan 3D, rendering, dan animasi. Meskipun program ini berasal dari Commodore Amiga, dia telah diport untuk mendukung Mac OS X, Windows, dan mesin rendernya telah diport ke platformLinux. Lightwave telah sejak lama dikenal karena kemampuan rendering yang bagus dan interface yang tidak biasa (misalnya, icon tidak digunakan; dan fungsi diberikan judul deskriptif).
Seperti banyak paket 3D lainnya Lightwave juga terdiri dari dua bagian, lingkungan pemodelan objek di mana model 3d atau "meshes" diciptakan dan lingkungan animasi di mana model diatur dan dianimasikan untuk render. Tidak seperti kebanyakan paket lainnya dua bagian ini adalah sebuah program yang terpisah. Ada juga aplkasi render yang terpisah yang dapat dijalankan di banyak mesin. LightWave merupakan aplikasi multi-threaded dan dapat menggunakan sebanyak 8 prosesor dalam mesin yang sama pada waktu yang sama ketika merender gambar.
Programer dapat mengembangkan kemampuan LightWave dengan menggunakan SDK yang telah termasuk dan juga menggunakan bahasa "scripting" khusus disebut LScript. SDK ini berdasarkan bahasa C dan hampir semuanya dapat diciptakan, dari sebuah shader sendiri sampai ke pengekspor format pandangan yang berbeda. LightWave juga termasuk selusin plugin gratis dan banyak lagi lainnya yang dapat diperoleh dari beberapa pengembang yang berbeda di seluruh dunia.

 Berikut ini adalah gambaran dari Light Wave 3D dalam membuat suatu objek :

Pembuatan suatu kota secara detail dengan Light Wave 3D

Penggambaran suatu objek dengan menggunbakan Light Wave 3D

Pembuatan objek mobil dan simulasi penggunaannya

LightWave 3D menggabungkan penyaji mutakhir dengan pemodelan intuitif dan alat animasi yang hebat. Alat yang mungkin memerlukan biaya tambahan untuk aplikasi 3D profesional lainnya adalah bagian dari paket produk, termasuk 999 node penyeberangan cross-platform gratis, dukungan untuk sistem operasi Windows dan Mac UB 64 dan 32-bit, dukungan teknis gratis dan lainnya. LightWave dinikmati di seluruh dunia, sebagai solusi produksi 3D yang lengkap untuk efek visual film dan televisi, desain siaran, grafis cetak, visualisasi, pengembangan game, dan Web.
LightWave cocok digunakan untuk  jaringan pipa multi-perangkat lunak besar dengan alat pertukarannya yang kuat termasuk FBX, ZBrush GoZ, Collada, Unity Game Engine Support, dan Autodesk Geometry Cache. Tidak seperti paket perangkat lunak lainnya, LightWave menawarkan kepada para seniman dan studio sebuah solusi end-to-end yang lengkap. Pemodelan permukaan poligon dan subdivisi yang kuat, unik, tekstur berlapis dan nodal yang saling dipertukarkan, bersama dengan shader bahan simpul berdedikasi tinggi. Alat animasi dan rigging yang hebat. Sistem efek volumetrik dan dinamis yang menimbulkan efek mata.

Beberapa fitur dari LightWave 3D :
  • Fur dan Hair dengan Sasquatch lite.
  • Soft Body simulation.
  • Hard Body simulation.
  • Non Linear Animation.
  • Built in Radiosity dan caustics.
  • Unlimited render node dengan kualitas renderer salah satu terbaik di dunia.
Kelebihan software LightWave 3D diantaranya memiliki dua software, jenis modeler untuk pembuatan modelling dan jenis layout untuk rendering maupun pembuatan animasi sehingga pengguna dapat memilih jenis mana yang ingin digunakan. Lightwave juga memiliki sistem skematik yang digunakan untuk membuat sketsa dan pengorganisasian sehingga mempermudah proses animasi, dan memiliki integrasi dengan Unity. Sementara itu kekurangan dari program LightWave adalah tidak memiliki fasilitas snapshoot UV sehingga untuk pengambilan gambar harus dilakukan manual, adanya kesulitan dalam pembuatan UV-Map dan pada jenis modeler, tidak memiliki anak panah pivot sehingga mempersulit dalam pengeditan model.


Referensi
https://www.lightwave3d.com/overview/
https://id.wikipedia.org/wiki/LightWave
http://adityaakbr.blogspot.co.id/2015/01/mengenal-lebih-dekat-dengan-software.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik
Tidak ada unsur SARA, Pornografi, Ejekan,dsb
Salam Blogger...!!