Selamat Datang di Blog Saya

Halo pembaca semua, saya harap Anda menikmati apa yang saya ketik. Mudah-mudahan informasi tersebut berguna dan bermanfaat bagi Anda pembaca semuanya.

Salam Kenal ☜☠☞

Minggu, 01 Oktober 2017

Digital Cinema 4D

Pada film - film animasi yang sudah ada, beberapa diantaranya banyak menggunakan efek maupun animasi untuk menggabungkan antar adegan didalam film. Biasanya penggunaan efek maupun animasi yang digunakan masih menggunakan visual 3 dimensi, namun seiring perkembangan jaman, visual 3 dimensi pun sudah dikembangkan menjadi visual 4 dimensi, dimana dengan visual ini, penonton akan merasakan suatu kejadian lebih nyata dibandingkan visual 3 dimensi.


Gambaran tentang visual 4 dimensi
Pada dasarnya, penggunaan animasi 4 dimensi tidak berbeda jauh dengan animasi 3 dimensi, jika didalam animasi 3 dimensi menggunakan koordinat X, Y, Z, didalam animasi 4 dimensi pun juga menggunakan koordinat X, Y, Z dengan garis yang menembus tiap koordinat dan membuat terlihat seperti nyata. Namun yang membuat animasi 4 dimensi lebih baik daripada animasi 3 dimensi adalah segi efek yang digunakan. Penggunaan efek pada film 4 dimensi lebih realistis dibandingkan dengan animasi 3 dimensi. Misalnya seperti animasi tentang gempa bumi, apabila didalam penggunaannya menggunakan animasi 4 dimensi, maka penonton akan merasakan sensasi, seperti getaran pada bagian bawah atau bagian kursi maupun getaran dari reruntuhan bangunan, dan bila penonton berada di dekat laut, maka penonton akan merasakan sensasi seperti tersiram oleh air laut ataupun merasakan suasana tsunami.


Gambaran umum tentang penggunaan visual 4 dimensi

Untuk menonton animasi 4 dimensi pun tidak dapat dilakukan disembarang bioskop biasa, hal ini dikarenakan animasi 4 dimensi membutuhkan bioskop khusus untuk menimbulkan beberapa efek yang akan timbul dari film animasi 4 dimensi tersebut. Selain di bidang animasi, penggunaan visual 4 dimensi pun sebenernya mulai digunakan dalam dunia kedokteran yang digunakan dalan proses USG, dimana visual 4 dimensi ini digunakan untuk melihat perkembangan janin secara detail sehingga hasil scan pun lebih akurat.

Salah satu contoh pembuatan animasi 4 dimensi 

Perpaduan antara augmented reality dengan visual 4 dimensi, sehingga kartu yang bentuknya datar dapat menampilkan visual yang nyata

Cara kerja animasi 4 dimensi tidak jauh beda dengan animasi 3 dimensi, dimana file yang akan ditampilkan akan dihubungkan dengan 2 server, server pertama yang akan meneruskan pemutaran film ke proyektor dan kemudian akan ditampilkan ke sebuah layar, sementara server kedua akan dikirimkan ke sistem 4 dimensi, dimana sistem tersebut berupa efek yang akan ditimbulkan dari sebuah film seperti getaran, cipratan air, bunyi petir, dsb

Cara kerja visual 4 dimensi

Referensi :
http://destiwahyunii.blogspot.co.id/2015/03/pengertian-animasi-3d-dan-4d.html
http://fadilahachmadsunii.blogspot.co.id/2016/10/digital-cinema-teknologi-4d-4-dimensi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik
Tidak ada unsur SARA, Pornografi, Ejekan,dsb
Salam Blogger...!!