Selamat Datang di Blog Saya

Halo pembaca semua, saya harap Anda menikmati apa yang saya ketik. Mudah-mudahan informasi tersebut berguna dan bermanfaat bagi Anda pembaca semuanya.

Salam Kenal ☜☠☞

Jumat, 08 Desember 2017

Sistem Operasi pada Komputer

Sistem operasi adalah perangkat program/software induk yang mengatur dasar input, proses dan output dari suatu hardware komputer. Sistem operasi yang ada sekarang ini diantaranya adalah
a. Unix
b. Linux.
c. Microsoft Windows.
d. Novell.
e. BeOS.
f. Macintosh.
g. OS2.
h. SunSolaris

Sekarang kita akan melihat perbedaan secara general sistem operasi yang telah terkenal di dunia komputer yaitu Unix, Linux dan Microsoft Windows.

a. Unix.
   Unix adalah sistem operasi yang komersil dan sangat terkenal untuk komputer server atau sering dipakai pada komputer server menggunakan jaringan komputer dalam skala besar. Disamping itu unix merupakan sistem operasi yang sangat stabil dan mempunyai security (keamanan) yang tinggi. Sebagai catatan bahwa unix bukan berarti tidak pernah macet (hang) ataupun tidak pernah dibobol sistemnya oleh user yang tidak berhak tapi dibandingkan dengan sistem operasi lainya unix lebih handal dan lebih terjamin keamanannya. Kemudian unix merupakan sistem operasi yang close source dalam arti code (listing) progam untuk membuat sistem operasi tersebut tidak terbuka dan tidak bisa diedit oleh user yang menggunakannya. Dulunya unix dikenal dengan command line nya, maksudnya untuk mengoperasikan unix kita harus mengetik semua perintah seperti di Dos tidak ada icon-icon atau gambar graphic yang bisa di klik seperti di Microsoft Windows. Tapi sekarang ini unix sudah ada versi GUI (Graphic User Interface) seperti icon-icon atau gambar graphic seperti yang ada pada Microsoft Windows.

b. Linux.
   Linux adalah sistem operasi buatan Linus Torvald lulusan Universitas Helsinki Finlandia. Linux adalah turunan unix, jadi mewarisi kinerja unix dalam arti linux juga stabil dan tidak mudah hang. Disamping itu linux juga tinggi dalam hal security nya. Perbedaan yang paling besar pada linux adalah gratis (free) artinya anda tidak perlu membeli sistem operasi tersebut dan tidak dikenakan sanksi apabila memberikan sistem operasi tersebut kepada tetangga, kerabat atau teman anda untuk di copy kan atau di install di komputer mereka. Linux juga berasal dari command line, tapi sekarang linux sudah melengkapi dirinya dengan GUI dengan berbagai macam versi GUInya seperti Gnome atau KDE yang ada di Linux RedHat dan beberapa distro linux lainnya.



c. Microsoft Windows
   Microsoft Windows adalah sistem operasi yang komersil dalam arti anda harus membeli sistem operasi ini dan apabila anda memberi sistem operasi tersebut kepada orang lain maka anda akan dikenakan sanksi hukum. Sekarang sudah ada undang-undang yang mengatur tentang HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) mengatur tentang perundang undangan perlindungan software. Sistem operasi Microsoft
Windows mempunyai turunan atau variannya yaitu :
a. Microsoft Windows 3.11
b. Microsoft Windows 95
c. Microsoft Windows 98
d. Microsoft Windows 98 Second Edition
e. Microsoft Windows ME
f. Microsoft Windows XP Home Edition
g. Microsoft Windows XP Professional
h. Microsoft Windows NT 4.0 Workstation
i. Microsoft Windows NT 4.0 Server
j. Microsoft Windows 2000 Professional
k. Microsoft Windows 2000 Advanced Server
l. Microsoft Windows 2003 Server
m. Microsoft Windows Long Horn
n. Microsoft Windows Vista
o. Microsoft Windows 7
p. Microsoft Windows 8
q. Microsoft Windows 8.1
r. Microsoft Windwos 10


2. Melakukan Operasi Dasar pada Sistem Operasi Komputer
Sebelum menggunakan komputer, terdapat beberapa hal yang harus di perhatikan , yaitu :
  • Memastikan kabel listrik sudah terhubung dengan komputer
  • Memastikan kabel monitor, keyboard, mouse, printer dan peralatan lainnya yang dibutuhkan sudah terpasang dengan baik.


A. Menghidupkan Komputer Untuk menghidupkan komputer, kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut:
  • Tekan tombol Power atau tombol On pada Komputer
  • Selanjutnya Komputer akan melakukan booting dengan menjalankan BIOS ( Basic Input Output System ) yang terdapat pada komputer. Jika pada komputer telah terpasang sistem operasi seperti Microsoft Window atau Linux maka selanjutnya komputer akan menjalankan prosedur untuk membuka sistem operasi yang terpasang pada komputer tersebut.
  • Komputer yang berada pada suatu jaringan biasanya mengharuskan penguna komputer untuk Log in terlebih dahulu sebelum memasuki Sistem. Jika komputer yang kamu gunakan berada dalam suatu jaringan dan mengharuskan kamu melakukan Log in, gunakan username dan password yang telah diberikan.

B. Mematikan Komputer

Setelah kamu selesai menggunakan komputer, sebaiknya tidak langsun
g mematikan tombol Power langsung, karena akan menyebabkan kerusakan dalam komputer. Cara mematikan komputer berbeda-beda tergantung dari Sistem Operasi yang digunakan. Jika Sistem Operasi yang digunakan adalah Microsoft Windows maka untuk mematikan komputer dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut :


  • Pilih Tombol Start pada taskbar
  • Tekan Tombol Turr Off Computer yang akan menampilkan kotak dialog Turn Off computer , pada kota dialog tersebut terdapat empat pilihan , yaitu:
  • Stand By, Pilihan ini digunakan untuk mengubah kondisi komput er dalam keasaan Low-Power. Keadaan seperti ini membuat komputer dalam keadaan tidur atau komputer sebenarnya tidak mati. Dengan pilihan komputer akan mengkonsumsi tenaga listrik yang rendah.
  • Turn Off, PIlihan digunakan untuk mematikan komputer. Dengan pilihan ini perubahan konfigurasi (setting) Windows XP akan tersim pan terlebih dahuu.
  • Restart, Pilihan ini gidunakan untuk untuk mematikan komputer dan kemudian menghidupkannya lagi. Sebelum memulai kembali, perubahan konfigurasi (setting) Windows XP yang telah dilakukan akan disimpan terlebih dahulu.
  • Hibernate, dapat ditampilkan dengan menekan tombol Shift pada Keyboard dan Stand By. Pilihan ini digunakan untuk mengakhiri penggunaan Windows XP dengan terlebih dahulu menyimpan posisi pekerjaan terakhir yang sedang dikerjakan ke dalam harddisk. Jika kamu menghidupkan kembali secara otomatis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik
Tidak ada unsur SARA, Pornografi, Ejekan,dsb
Salam Blogger...!!