Selamat Datang di Blog Saya

Halo pembaca semua, saya harap Anda menikmati apa yang saya ketik. Mudah-mudahan informasi tersebut berguna dan bermanfaat bagi Anda pembaca semuanya.

Salam Kenal ☜☠☞

Jumat, 08 Desember 2017

Array pada Python

           Array adalah sekumpulan variabel yang memiliki tipe data yang sama dan dinyatakan dengan nama yang sama. Array merupakan konsep yang penting dalam pemrogaman karena array memungkinkan untuk menyimpan data maupun referensi objek dalam jumlah banyak dan terindeks. Array akan sangat berguna ketika kita akan memproses data secara berurutan, pada umumnya ketika kita mengambil data dari database. Semua bahasa pemrograman pasti mendukung penggunaan Array.

Dalam python kita akan mengenal Sequence, setiap element pada Sequence ditandai dengan angka dan angka itu merupakan posisi atau index dari data. Index diawali dengan angka 0 dan kemudian diikuti oleh angka setelahnya. Python memiliki enam tipe Sequence, tapi yang paling banyak digunakan adalah List dan Tuple.
List adalah tipe data yang paling umum digunakan dalam Python. Penulisannya dibuka dengan kurung siku, dan ditutup pula oleh kurung siku. Setiap data dalam list dipisahkan oleh tanda koma. Setiap data dalam list, diperbolehkan memiliki tipe data yang berbeda. Berikut ini adalah contoh list dalam Python :
list1 = ['hello','world', 1,2,3];

print "list 1:", list1[0]
print "list 3-5:", list1[2:5]

Untuk mengakses elemen dalam array, kita bisa menggunakan angka indeks dari nilai yang  ingin di akses. Setiap anggota dari sebuah array, memliki indeks yang menunjukan posisi anggota tersebut dalam array.
      contoh : Nama_Variabel = [ Nomor Urut ]

1.                  Array Satu Dimensi
      Array satu dimensi merupakan sebuah variabel yang menyimpan sekumpulan data yang memiliki tipe sama dan elemen yang akan diakses melalui satu index atau subskrip.
                Contoh: nama_array[jumlah_elemen];

2.                  Array Dua Dimensi
       Array dua dimensi merupakan sebuah variabel yang menyimpan sekumpulan data yang memiliki tipe   sama dan elemen yang akan diakses memalui dua indeks atau sub skrip yaitu index baris dan index kolom

                Contoh: nama_array[jumlah_elemen_baris]
                               [jumlah_elemen_kolom];

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik
Tidak ada unsur SARA, Pornografi, Ejekan,dsb
Salam Blogger...!!