Selamat Datang di Blog Saya

Halo pembaca semua, saya harap Anda menikmati apa yang saya ketik. Mudah-mudahan informasi tersebut berguna dan bermanfaat bagi Anda pembaca semuanya.

Salam Kenal ☜☠☞

Jumat, 08 Desember 2017

Kelebihan Microsoft Excel 2013

Kelebihan Microsoft Excel 2013 dibandingkan versi sebelumnya diantaranya adalah :
1. Dioperasikan Dengan Layar Sentuh
Untuk pertama kali, Word, Excel, Power Point, dan Outlook dikontrol dengan layar sentuh seperti membuka, menggeser untuk memperbesar dapat dilakukan pada dokumen, file, dan presentasi.

2. Kelebihan di PowerPoint 2013
Document, Slide, dan presentasi dapat ditampilkan di layar mobile, digambar, ditampilkan atau disembunyikan dengan digital pen, stylus atau bahkan jari.
3. Cloud Service
Penggabungan beberapa fitur Cloud untuk MS Office 2013 mendefinisikan bahwa MS Office 2013 menjadi sebuah “layanan”. Melalui fitur ini orang dapat mengakses, mengedit dan menyimpan ke semua perangkat yang berbasis Windows di manapun lokasinya.
4. Touch Control
Microsoft juga berencana mengintegrasikan MS Office 2013 ke perangkat tablet, oleh karena itulah, mengapa MS Office 2013 telah mendukung fungsi kontrol sentuh. Seperti diketahui, Microsoft beberapa waktu yang lalu memperkenalkan model tablet Surface. Bisa dikatakan dengan menggunakan fitur ini dapat memberikan komputasi yang maksimal, meskipun menggunakan perangkat tablet.
5. Utilising Social Media
Microsoft rupanya telah melihat di mana setiap orang hidup di social media, oleh karena itu MS Office mengintegrasikannya. Versi baru dari Sharepoint diperbaharui dan memungkinkan melihat newsfeeds dan sharing layaknya Facebook atau Google +.
6. Lebih banyak pilihan untuk memulai
Alih-alih melihat file kosong, kini kita bisa memilih antara file terbaru atau templat favorit yang ingin kita gunakan. Di OneNote, kita bisa masuk dan membuka buku catatan dari web atau dari komputer.
7. Simpan Sebagai dan Buka yang disempurnakan
Tidak perlu lagi menelusuri dan menggulir kotak dialog. Folder yang paling sering kita gunakan akan tampil di awal dan kita juga bisa menyematkan lokasi sehingga selalu tersedia, sehingga tidak perlu repot repot untuk mencari file didalam folder ketika kita lupa tempat mensave dokumen tersebut.



8. Berbagi file lebih mudah
Sekarang terdapat suatu tempat di program Office kita, File > Berbagi, yang mengumpulkan semua opsi untuk membagikan file kita kepada orang lain melalui aplikasi microsoft excel 2013.
9. Satu buku kerja, satu jendela
Dalam Excel 2013 tiap buku kerja memiliki jendelanya sendiri, lebih memudahkan bekerja di dua buku kerja sekaligus. Ini juga lebih memudahkan saat kita bekerja di dua monitor.
10. Fungsi Excel baru
Kita akan menemukan beberapa fungsi baru dalam kategori matematika dan trigonometri, statistik, teknik, tanggal dan waktu, pencarian dan referensi, logika, dan fungsi teks. Ada juga beberapa fungsi layanan Web baru untuk referensi layanan Web sesuai Representational State Transfer (REST) yang sudah ada.
11. Menyematkan data lembar kerja dalam halaman web
Untuk berbagi bagian lembar kerja kita di web, kita bisa menyematkannya di halaman web kita. Kemudian orang lain bisa mengerjakan data tersebut dalam Excel Online atau membuka data yang disematkan di Excel.
12. Berbagi lembar kerja Excel dalam rapat online
Di mana pun kita berada atau perangkat apa pun yang kita gunakan—ponsel cerdas, tablet atau PC—selama kita memiliki Lync terinstal, kita bisa menyambungkan dan berbagi buku kerja dalam rapat online.
13. Menyimpan ke format file baru
Sekarang kita bisa menyimpan dan membuka file dalam format file Strict Open XML Spreadsheet (*.xlsx) yang baru. Format file ini memungkinkan kita membaca dan menulis tanggal ISO8601 untuk menyelesaikan masalah tahun kabisat untuk tahun 1900.
Bukan hanya itu saja, MS Office akan mengintegrasikan Skype, Lync (layanan komunikasi dan meeting) dan Yammer. dengan fitur ini MS Office 2013 menawarkan kemudahan berbagi dan bertukar informasi dan melakukan komunikasi.


Pada Microsoft Excel 2013m terdapat beberapa penambahan fasilitas maupun fungsi yang ada di dalam Microsoft Excel 2013 diantaranya adalah : 
A. Fitur pembuatan bagan baru
1. Menyelaraskan bagan dengan cepat
Tiga tombol bagan baru memungkinkan kita dengan cepat memilih dan mempratinjau perubahan pada elemen bagan (seperti judul atau label), tampilan dan gaya bagan kita, atau pada data yang diperlihatkan.
2. Label data yang lebih kaya
Sekarang kita bisa menyertakan teks yang kaya dan dapat direfresh dari poin data atau teks apa pun di label data kita, menyempurnakannya dengan pemformatan dan teks bentuk bebas tambahan, dan menampilkannya dalam bentuk apa pun. Label data tetap berada di tempatnya, bahkan saat kita beralih ke tipe bagan yang berbeda. Kita juga bisa menyambungkannya ke poin data dengan garis pemandu pada semua bagan, bukan hanya bagan pai.
3. Menampilkan animasi dalam bagan
Lihat bagan yang bergerak saat kita membuat perubahan ke data sumbernya. Ini tidak hanya menyenangkan untuk dilihat, pergerakan dalam bagan juga dapat membuat perubahan dalam data kita menjadi jauh lebih jelas.

B. Analisis data yang hebat
4. Membuat PivotTable yang sesuai dengan data kita
Memilih bidang yang tepat untuk meringkas data kita dalam laporan PivotTable bisa menjadi tugas yang berat. Sekarang kita bisa mendapatkan bantuan melakukannya. Saat membuat PivotTable, Excel merekomendasikan beberapa cara untuk meringkas data kita, dan memperlihatkan kepada kita pratinjau cepat tata letak bidang sehingga kita bisa memilih tata letak yang memberikan gambaran yang kita cari.
5. Menggunakan salah satu Daftar Bidang untuk membuat tipe PivotTable yang berbeda
Membuat tata letak PivotTable yang menggunakan satu tabel atau beberapa tabel dengan menggunakan satu Daftar Bidang yang sama. Diubah untuk mengakomodasi satu atau beberapa tabel PivotTable, Daftar Bidang mempermudah menemukan bidang yang kita inginkan dalam tata letak PivotTable, beralihlah ke Model Data Excel baru dengan menambahkan lebih banyak tabel, dan menjelajahi dan menavigasi semua tabel.

6. Menggunakan beberapa tabel dalam analisis data kita
Model Data Excel baru memungkinkan kita menggunakan fitur analisis yang hebat yang sebelumnya hanya ada dengan menginstal add-in Power Pivot. Selain membuat PivotTable tradisional, sekarang kita bisa membuat PivotTable berdasarkan beberapa tabel di Excel. Dengan mengimpor tabel yang berbeda, dan membuat hubungan antara tabel, kita akan dapat menganalisis data dengan hasil yang tidak bisa kita dapatkan dari data PivotTable tradisional.
7. Power Query
Jika kita menggunakan Office Professional Plus 2013 atau Office 365 Pro Plus, kita bisa memanfaatkan Power Query untuk Excel. Gunakan Power Query agar dengan mudah menemukan dan menyambungkan ke data dari sumber data publik dan perusahaan. Ini termasuk kapabilitas pencarian data baru, serta kapabilitas mentransformasi dan menggabungkan data dengan mudah dari beberapa sumber data sehingga kita bisa terus menganalisisnya di Excel.
8. Power Map
Jika kita menggunakan Office 365 Pro Plus, Office 2013, atau Excel 2013, kita bisa memanfaatkan Power Map untuk Excel. Power Map adalah alat visualisasi data tiga dimensi (3-D) yang memungkinkan kita melihat informasi dengan cara baru menggunakan data berbasis geografis dan waktu. Kita bisa menemukan wawasan yang mungkin tidak kita lihat dalam tabel dan bagan dua dimensi (2-D) tradisional. Power Map disertakan dalam Office 365 Pro Plus, tetapi kita perlu mengunduh versi pratinjau untuk digunakan dengan Office 2013 atau Excel 2013.
9. Menyambungkan ke sumber data baru
Untuk menggunakan beberapa tabel dalam Model Data Excel, kita sekarang bisa tersambung dan mengimpor data dari sumber data tambahan ke Excel sebagai tabel atau PivotTable. Misalnya, tersambung ke umpan data seperti umpan data OData, Windows Azure DataMarket, dan SharePoint. Kita juga bisa tersambung ke sumber data dari penyedia OLE DB tambahan.
10. Membuat hubungan antar tabel
Saat kita mendapatkan data dari sumber data yang berbeda dalam beberapa tabel di Model Data Excel, pembuatan hubungan antar tabel tersebut memudahkan analisis data tanpa harus menggabungkannya ke dalam satu tabel. Dengan menggunakan kueri MDX, kita bisa lebih lanjut memaksimalkan hubungan tabel untuk membuat laporan PivotTable yang berguna.



11. Menggunakan garis waktu untuk memperlihatkan data dalam periode waktu yang berbeda
Garis waktu menjadikannya lebih sederhana untuk membandingkan data PivotTable atau PivotChart dalam periode waktu berbeda. Sebagai ganti pengelompokan menurut tanggal, kita sekarang bisa memfilter data secara interaktif atau menjelajahi data dalam periode waktu berurutan, seperti menelusuri kinerja per bulan, dalam satu klik saja.
12. Menggunakan Telusuri Paling Detail, Telusuri Paling Ringkas, dan Telusuri Silang untuk mencapai tingkat detail yang berbeda
Menelusuri ke berbagai tingkat detail dalam set data yang kompleks bukan tugas yang mudah. Set kustom memang berguna, tetapi menemukannya di antara banyak bidang dalam Daftar Bidang butuh waktu. Dalam Model Data Excel yang baru, kita bisa bernavigasi ke tingkat yang berbeda secara lebih mudah. Gunakan Telusuri Paling Detail ke hierarki PivotTable atau PivotChart untuk melihat tingkat granular detail, dan Telusuri Paling Ringkas untuk menuju ke tingkatan yang lebih tinggi untuk wawasan “gambaran besar”.
13. Menggunakan anggota dan pengukuran terhitung OLAP
Manfaatkan kelebihan Business Intelligence (BI) layanan mandiri dan tambahkan penghitungan kita sendiri berdasarkan Multidimensional Expression (MDX) di data PivotTable yang tersambung ke kubus Online Analytical Processing (OLAP). Tidak perlu meraih Model Objek Excel -- sekarang kita bisa membuat dan mengelola anggota yang terkalkulasi dan mengukur dengan benar dalam Excel.
14. Membuat PivotChart mandiri
PivotChart tidak lagi terkait dengan PivotTable. PivotChart yang mandiri atau terpisah memungkinkan kita menjalankan cara baru menavigasi ke detail data dengan menggunakan fitur Telusuri Paling Detail, Telusuri Paling Ringkas. Juga jauh lebih mudah menyalin atau memindahkan PivotChart yang terpisah.
15. Power View
Jika kita menggunakan Office Professional Plus, kita bisa memanfaatkan Power View. Klik saja tombol Power View di pita untuk menemukan wawasan tentang data kita dengan fitur eksplorasi, visualisasi, dan presentasi data yang sangat interaktif dan hebat yang mudah diterapkan. Power View memungkinkan kita membuat dan berinteraksi dengan bagan, pemotong, dan visualisasi data lainnya dalam satu lembar.


C. Add-in dan konverter yang baru dan disempurnakan
16. Power Pivot untuk add-in Excel
Jika kita menggunakan Office Professional Plus 2013 atau Office 365 Pro Plus, add-in Power Pivot diinstal dengan Excel. Mesin analisis data Power Pivot sekarang disertakan dalam Excel sehingga kita bisa menyusun model data sederhana langsung di Excel. Add-in Power Pivot menyediakan lingkungan untuk pembuatan model yang lebih canggih. Gunakan untuk memfilter data saat mengimpornya, mendefinisikan hierarki, bidang penghitungan, dan indikator kinerja utama (KPI) kita sendiri, dan gunakan bahasa Data Analysis Expressions (DAX) untuk membuat rumus tingkat lanjut.
17. Add-in Inquire
Jika kita menggunakan Office Professional Plus atau Office 365 Pro Plus, add-in Inquire terinstal dengan Excel. Add-in ini membantu kita menganalisis dan meninjau buku kerja kita untuk memahami desain, fungsi, dan dependensi data, dan untuk mengungkap berbagai masalah termasuk kesalahan atau inkonsistensi rumus, informasi tersembunyi, link yang bermasalah dan lainnya. Dari Inquire, kita bisa memulai alat Microsoft Office baru, yang disebut Perbandingan Lembar Bentang, untuk membandingkan dua versi buku kerja, yang menunjukkan dengan jelas di mana perubahan telah terjadi. Selama audit, kita memiliki visibilitas penuh atas perubahan tersebut di buku kerja kita.

Selain itu, beberapa perubahan yang paling terlihat adalah perubahan tampilan maupun ditampilkannya beberapa menu yang biasanya tersembunyi / tidak ditampilkan didalam microsoft excel versi sebelumnya sehingga user lebih mudah dalam menggunakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik
Tidak ada unsur SARA, Pornografi, Ejekan,dsb
Salam Blogger...!!