Selamat Datang di Blog Saya

Halo pembaca semua, saya harap Anda menikmati apa yang saya ketik. Mudah-mudahan informasi tersebut berguna dan bermanfaat bagi Anda pembaca semuanya.

Salam Kenal ☜☠☞

Minggu, 13 Oktober 2019

Tugas Jarkomlan : Instalasi Server (Web)

Tugas Jarkomlan : Instalasi Server (Web) dengan Apache2
Platform : Linux Mint Versi 19.2 64bit

1. Sebelumnya, untuk melakukan instalasi web server apache2 di linux mint, perlu menyalakan koneksi internet karna akan mengunduh file tersebut, kemudian buka terminal, dan ketikan perintah “sudo apt-get install apache 2”, dan apabila linux meminta password, masukan password user dan tunggu sampai proses instalasi selesai sekitar 1-2 menit.


2. Setelah itu, untuk mencoba apakah web server apache telah terinstal, cukup dengan membuka web browser, kemudian ketik “localhost” dan tekan enter seperti gambar berikut.



3. Apabila telah berhasil, maka tampilan dari localhost tersebut tampak seperti gambar dibawah ini.


Untuk mencoba apakah sudah terinstal atau belum, dapat juga menggunakan ip yang ada di linux mint, dimana ip yang saya dapatkan adalah 10.0.2.15.



4. Untuk melakukan percobaan dengan terminal, dapat mengetik perintah “/etc/init.d/apache2 start”




5. Ketika meminta password, masukkan password dari user tersebut, perlu diingat juga bahwa notifikasi authentifikasi ini diperlukan untuk mengecek user yang bersangkutan


6. Apabila telah berhasil, maka web server apache2 berjalan dengan tampilan seperti berikut.


7. Untuk melihat status apache2, dapat menggunakan perintah “service apache 2 status” sehingga akan didapati informasi seperti berikut.




Sekian tutorial dari saya, atas kekurangannya mohon dimaafkan, semoga tutorial ini bermanfaat dan membantu bagi yang ingin mencobanya, terimakasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik
Tidak ada unsur SARA, Pornografi, Ejekan,dsb
Salam Blogger...!!