Selamat Datang di Blog Saya

Halo pembaca semua, saya harap Anda menikmati apa yang saya ketik. Mudah-mudahan informasi tersebut berguna dan bermanfaat bagi Anda pembaca semuanya.

Salam Kenal ☜☠☞

Senin, 06 April 2020

Pengantar Komputasi Modern : Perusahaan yang Menerapkan Cloud Computing


Nama : Jourdy Hanson Bintang
Kelas : 4IA18
NPM : 53416772
Pengantar Komputasi Modern

A. MEGA

1. Mega (dalam huruf kapital MEGA) adalah penyimpanan awan dan layanan file hosting yang ditawarkan oleh perusahaan Mega, perusahaan yang berbasis di Selandia baru. Layanan ini ditawarkan terutama melalui aplikasi berbasis web. Aplikasi Mega berbasis telepon juga tersedia untuk Windows Phone, Android, BlackBerry 10 dan iOS. Mega dikenal untuk fitur keamanan di mana semua file yang dienkripsi secara lokal sebelum mereka di-upload. Hal ini untuk mencegah siapa pun (termasuk karyawan perusahaan Mega) untuk mengakses file tanpa mengetahui kunci yang digunakan untuk enkripsi.


Gambar 1 Logo dari layanan MEGA
Layanan yang ditawarkan oleh mega dimulai dari 50 GB ruang penyimpanan gratis untuk akun baru sampai 8 TB untuk akun berbayar. Pada 20 Januari 2018, Mega telah memiliki 100 juta pengguna terdaftar di lebih dari 245 negara, dan lebih dari 40 miliar file yang telah diupload kedalam layanan Mega. Layanan penyimpanan mega dapat diakses pada https://mega.nz/ dengan tampilan awal sepert berikut :

Gambar 2 Tampilan awal website MEGA


2. Fungsi Layanan Mega

     a.       Connect : Terhubung dengan beberapa kontak atau teman di Mega dan dapat berhubungan dengan aman.

      b.      Backup : Mencadangkan foto dan audio secara otomatis dari smartphone user dan dapat melakukan  sinkronsinasi data komputer user dengan menggunakan Mega’s Dekstop App.

     c.       Share : Export sebuah tautan atau alamat link yang aman atau membagikan folder user ke beberapa teman atau kontak yang menggunakan Mega.
  
    d.      Communicate : Bertukar pesan dengan aman dan melakukan panggilan audio / video / grup dengan obrolan Mega.

      e.       File Versioning : Mega secara otomatis akan menyimpan histori file user , sehingga memungkinkan untuk mengembalikan file dengan mudah ketika diperlukan.
  
      f.       Synchronize : Sinkronisasi yang mudah antara komputer user dengan Mega Cloud

      g.       End-to-end enkripsi : MEGA menggunakan model enkripsi end-to-end, yang berarti data user dienkripsi dan didekripsi hanya pada sisi user, sehingga pegawai Mega tidak dapat melihat file user, dan jenis enkripsi ini dipercaya lebih mampu melindungi file user dari peretasan atau penyadapan orang lain yang memaksa ingin mengakses file tersebut.


Beberapa layanan Mega dapat dilihat pada gambar dibawah ini

Gambar 3 Layanan yang terpadat pada MEGA

3. Sasaran pengguna dari Mega adalah semua pengguna yang ingin menggunakan layanan mega, dimana bagi pengguna yang mendaftar, akan mendapatkan kapasitas sebesar 50GB. Sementara, apabila pengguna menginginkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, maka dapat berlangganan dengan jangka waktu bulanan dengan pilihan langganan sebagai berikut :

     a.       PRO LITE dengan harga Rp 88,348 atau 4.99 € dengan kapasitas penyimpanan sebesar 400 GB dan  kecepatan transfer data sebesar 1 TB.

    b.      PRO I dengan harga Rp 176,873 atau 9.99 € dengan kapasitas penyimpanan sebesar 2TB dan kecepatan transfer data sebesar 2TB.

    c.       PRO II dengan harga Rp 353,923 atau 19.99 € dengan kapasitas penyimpanan sebesar 8TB dan kecepatan transfer data sebesar 8TB.

    d.      PRO III dengan harga Rp 530,973 atau 29.99 € dengan kapasitas penyimpanan sebesar 16TB dan kecepatan transfer data sebesar 16TB.


Gambar 4 Pilihan langganan pada layanan MEGA

Salah satu kelebihan dengan meng-upgrade menjadi pro adalah pengaturan untuk mengatur kata sandi dan tanggal kadalursa untuk file public sehingga lebih terjamin keamanan dan ketersediaan data user.


Market share layanan Mega digunakan untuk seluruh masyarakat dunia, namun dilampir dari https://www.similarweb.com/website/mega.nz menyatakan bahwa layanan Mega paling banyak digunakan di 5 negara, yaitu Brazil, Amerika Serikat, Mexico, Argentina dan Spanyol dengan persentase sebagai berikut.

 
Gabmbar 5 Statistik dari website layanan MEGA

Gambar 6 Presentase pengguna layanan MEGA



B. Xiaomi ( MI Cloud )

1. Xiaomi Corporation didirikan pada April 2010 dan terdaftar di Dewan Utama Bursa Efek Hong Kong pada 9 Juli 2018 (1810.HK). Xiaomi adalah perusahaan internet dengan smartphone dan perangkat keras pintar yang terhubung oleh platform IoT pada intinya. Dengan visi berteman dengan penggunanya dan menjadi "perusahaan paling keren" di hati penggunanya, Xiaomi berkomitmen pada inovasi berkelanjutan, dengan fokus yang tak tergoyahkan pada kualitas dan efisiensi. Perusahaan tanpa henti membangun produk luar biasa dengan harga yang jujur untuk membuat semua orang di dunia menikmati kehidupan yang lebih baik melalui teknologi inovatif.

 
Gambar 7 Logo MI yang berarti Mobile Internet

Xiaomi saat ini adalah merek smartphone terbesar keempat di dunia, dan telah membentuk platform IoT konsumen terbesar di dunia, dengan lebih dari 213,2 juta perangkat pintar (tidak termasuk smartphone dan laptop) terhubung ke platformnya. Saat ini, produk Xiaomi hadir di lebih dari 90 negara dan wilayah di seluruh dunia dan memiliki kedudukan terkemuka di banyak pasar. Xiaomi memiliki beberapa versi website, dimana untuk versi global dapat diakses pada https://www.mi.com/global dan untuk versi indonesia dapat diakses pada https://www.mi.co.id/id/ dengan tampilan awal seperti berikut :

Gambar 8 Tampilan awal website Xiaomi


2. Fungsi Layanan MI Cloud
MI Cloud merupakan layanan cloud storage yang diberikan oleh xiaomi yang dapat diakses pada https://i.mi.com/?_locale=in_ID, dimana mi cloud ini dapat digunakan untuk melakukan backup dan recovery data, diantaranya yaitu :

     a.       Contact : Menyimpan beberapa contact di mi cloud, melakukan import / export contact dari mi cloud, melakukan backup atau recovery contact, dan menambahkan / menghapus / menggabungkan / mengedit contact.

     b.      Message : Menyimpan pesan kedalam mi cloud, menulis pesan dari mi cloud yang dapat dilakukan ketika mengases mi cloud dari desktop, melihat pesan yang terhapus.

     c.       Gallery : Menyimpan beberapa foto atau video  yang diinginkan kedalam mi cloud, melihat foto atau video yang telah terhapus, dan dapat melakukan transfer data foto atau video menggunakan mi cloud.

    d.      Notes : Menyimpan beberapa notes yang telah dibuat kedalam mi cloud, melihat catatan yang telah dihapus, melihat catatan yang tersimpan didalam device, dan merecovery catatan yang telah dihapus, serta menambahkan catatan baru kedalam mi cloud.

     e.       Recordings : Menyimpan beberapa rekaman kedalam mi cloud, memutar remakan dari mi cloud, maupun menghapus rekaman dari mi cloud.

     f.       Find Device : Merupakan fitur yang digunakan untuk melacak keberadaan ponsel apabila ponsel hilang, dimana dengan layanan ini, user dapat melihat lokasi device, membunyikan device, hingga melakukan wipe data atau menghapus data dengan mi cloud.
  
     g.       Home Screen Backup : Melakukan backup beberapa aplikasi yang terdapat pada home screen device dan melakukan recovery apabila device tersebut telah direset ke setelan pabrik.

    h.      Deleted Items : Melihat beberapa file yang telah dihapus dari devices dan dapat mengembalikan file tersebut dengan kondisi jangka waktu menghapus file tidak lebih dari 30 hari, karena mi cloud secara otomoatis akan melakukan penghapusan secara permanen.

      i.        Call History : Melakukan penyimpanan history telpon yang ada di device, lengkap dengan jangka waktu dan durasi dari panggilan.

    j.     Wi-Fi : Melakukan penyimpanan konfiguarsi yang digunakan untuk terhubung dengan wifi, termasuk password dari wifi tersebut, sehingga ketika device di reset ke setelan pabrik, maka device tersebut dapat langsung terhubung dengan jaringan wifi tanpa perlu memasukkan ulang password wifi tersebut.

     k.      Browser : Melakukan penyimpanan konfigurasi, history, maupun bookmark pada browser sehingga dapat melakukan recovery ketika device tersebut direset ke setelan pabrik.

Beberapa fitur tersebut dapat digunakan secara bersamaan, atau secara optional dengan memilih layanan mana yang ingin dibackup secara terpisah, dan semua layanan tersebut harus diaktifkan dengan menyalakan quick sync agar mi cloud dapat melakukan backup data pada device. Namun, apabila backup ingin dilakukan dalam jangka waktu panjang, dapat menonaktifkan fitur quick sync dan melakukan backup pada mi cloud secara manual. Tampilan awal dari mi cloud dapat dilihat pada gambar dibawah ini

 
Gambar 9 Tampilan awal website MI Cloud

3. Sasaran penggunaan mi cloud adalah semua pengguna smartphone xiaomi, hal ini dikarenakan layanan ini dikhususkan untuk pengguna smartphone tersebut dengan kapasitas awal yang diberikan sebesar 5GB. Sementara, apabila pengguna menginginkan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, maka dapat berlangganan dengan jangka waktu bulanan dengan pilihan langganan sebagai berikut :

Tabel 1 Perbandingan layanan yang ada pada tiap plans di MI Cloud

Dengan tampilan plans seperti berikut :

a. Tampilan plans Premium
Gambar 10 Fitur plans Premium


b. Tampilan plans Mega
Gambar 11 Fitur plans Mega


c. Tampilan plans Ultra
Gambar 12 Fitur plans Ultra



Market share layanan mi cloud digunakan bagi seluruh masyarakat dunia yang menggunakan smartphone xiaomi, tetapi dilampir dari menyatakan bahwa https://www.similarweb.com/website/mi.com layanan mi cloud paling banyak digunakan di 5 negara, yaitu China, India, Taiwan, Russia, Spanyol dengan presentasi sebagai berikut.

Gambar 13 Statistik dari website Xiaomi

Gambar 14 Presentasi pengguna layanan MI Cloud



Sumber Referensi

[1] https://mega.nz/startpage pada 6 April 2020 pukul 15.40

April 2020 pukul 16.27

[3] https://www.mi.com/global/about pada 6 April 2020 pukul 16.43

[4] https://www.mi.co.id/id/about/ pada 6 April 2020 pukul 17.17

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik
Tidak ada unsur SARA, Pornografi, Ejekan,dsb
Salam Blogger...!!