Selamat Datang di Blog Saya

Halo pembaca semua, saya harap Anda menikmati apa yang saya ketik. Mudah-mudahan informasi tersebut berguna dan bermanfaat bagi Anda pembaca semuanya.

Salam Kenal ☜☠☞

Rabu, 11 Maret 2020

Pengantar Komputasi Modern : Analisa Website LinkAja & DANA


Nama : Jourdy Hanson Bintang
Kelas : 4IA18
NPM : 53416772
Pengantar Komputasi Modern


Analisa Website Link Aja
Bidang : Keuangan  
Jenis : Mobile Computing

Link aja
LinkAja adalah layanan uang elektronik untuk transaksi, seperti pembelian pulsa atau paket data, pembayaran merchant, pembayaran tagihan, pengiriman donasi, pengiriman uang hingga pembayaran asuransi dan mengajukan pinjaman. LinkAja adalah bentuk baru dari TCASH (Telkomsel Cash), layanan keuangan digital (e-wallet) milik Telkomsel, anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom. Selain itu, LinkAja merupakan gabungan dari layanan keuangan elektronik milik PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dengan E-Cash, UnikQu dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dengan merek T-Bank.





  
Pemilik saham LinkAja bukan hanya Telkomsel (25%), Bank BRI (20%), Bank Mandiri (20%), Bank BNI (20%), tetapi termasuk di dalamnya PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau Bank BTN (7%), PT Pertamina (Persero) (7%), dan sisanya PT Asuransi Jiwasraya (Persero) (1%). Perubahan layanan TCASH menjadi LinkAja meluncur pada 22 Februari 2019 dan sudah dimanfaatkan dalam masyarakat sejak 3 Maret 2019.


Untuk mengakses LinkAja, dapat membuka dihalaman https://www.linkaja.id/ dengan tampilan awal sebagai berikut.



Terdapat beberapa menu yang tersedia didalam website LinkAja, yaitu :

1. Jalan Jajan Seru





Jalan Jajan Seru merupakan sebuah media promosi LinkAja yang memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi ketika melakukan perjalanan, diantaranya yaitu :


a. Layanan Transportasi (Jalan )

      1.      Pembayaran Kereta Api Indonesia via aplikasi KAI Access

      2.      Railink untuk pembelian tiket melalui Vending Machine

     3.      Kereta Commuter Indonesia - KRL (Kereta Rel Listrik) dengan scan kode tiket dari aplikasi di gate kereta yang menyediakan mesin scanner dengan saldo minimal Rp. 20.000

      4.      Lintas Rel Terpadu (LRT) Palembang

      5.      Reska (Restoran Kereta) untuk pembayaran makanan dan minuman di kereta jarak jauh

      6.      Pembayaran untuk taksi melalui aplikasi MyBluebird dengan saldo minimal Rp 200.000

      7.      Pembayaran bus dengan menggunakan Link Aja

      8.      Pembayaran Go-Ride, Go-Car, Go-Tix di aplikasi Gojek dengan LinkAja.


b. Layanan Belanja ( Jajan )

    Layanan Belanja yang ada di merchant offline, yaitu :

      1.      McDonald's

      2.      Solaria

      3.      Chatime

      4.      Bakmi GM

      5.      Sushi Tei

      6.      Dcrepes


    Layanan Belanja yang ada di e-commerce yaitu :

      1.      BLANJA.com

      2.      Sociolla

      3.      Tokopedia

      4.      BukaLapak

      5.      Alfacart

      6.      Watsons


c. Layanan Hiburan ( Seru )

      1.      CGV

      2.      Cinepolis

      3.      GOERS

      4.      LOKET

      5.      bookmyshow

      6.      tiket.com





2. Tentang LinkAja





Pada halaman ini berisikan tentang pengenalan aplikasi LinkAja, sebagai salah satu layanan elektronik berbasis aplikasi unntuk melakukan transaksi keuangan. Selain itu, didalam halaman ini juga berisi penjelasan tentang tipe akun pengguna LinkAja, yaitu layanan Basic Service dan Full Service dengan rincian sebagai berikut :

a. Basic Service
      
 ·         Saldo maksimum Rp2 juta

    ·       Keuntungan: Dapat digunakan untuk melakukan pengisian saldo, belanja secara online, melakukan pembayaran dan pembelian melalui smartphone ( pembayaran tagihan listrik, air, gas, telepon, interet, pulsa dan paket data, voucher game ) serta melakukan pembayaran pada merchant.


b. Full Service

      ·         Saldo maksimum Rp10 juta

      ·         Keuntungan: Memiliki fitur yang sama dengan Basic Service dengan tambahan fitur seperti
melakukan pengiriman uang ( dapat dilakukan kepada sesame pengguna LinkAja atau ATM dengan nomor ponsel atau nomor rekening ) serta melakukan penarikan saldo.

    ·         Untuk mendapatkan layanan full service LinkAja, dapat mengunjungi GraPARI terdekat dengan membawa kartu identitas asli (KTP/SIM/Paspor).



3. LinkAja App





LinkAja App merupakan aplikasi LinkAja yang terdapat pada smartphone berbasis Android ( yang dapat diunduh pada Google Play Store ) maupun IOS ( yang dapat diunduh pada App Store ) dengan tampilan awal seperti berikut.











Pada menu Beranda didalam smartphone, terdapat beberapa fitur yang tersedia dan secara langsung dapat digunakan, fitur – fitur tersebut yaitu :

a. Telekomunikasi

      ·         Pulsa / Data
      ·         Pascabayar
      ·         Paket Roaming

b. Beli / Bayar Tagihan

      ·         Listrik
      ·         PDAM
      ·         TV Kabel
      ·         Internet
      ·         Telepon
      ·         Gas
      ·         Rekening Virtual

c. Transportasi

      ·         Kereta
      ·         Taksi
      ·         Bis
      ·         Pesawat
      ·         Kendaraan Online

d. Kartu Uang Elektronik

e. Keuangan

      ·         Pinjaman
      ·         Asuransi
      ·         Multi Finance
      ·         BPJS

f. Hiburan

      ·         Voucher Game
      ·         Streaming

h. Pajak dan Retribusi

      ·         Pajak
      ·         Retribusi

i. Lainnya

      ·         LinkAja Berbagi

Pada menu Riwayat, berisikan semua transaksi yang pernah dilakukan didalam aplikasi LinkAja, baik yang pending maupun yang telah selesai, beserta dengan keterangan seperti transaksi yang dilakukan, nomial saldo yang digunakan, serta waktu dan tempat melakukan transaksi tersebut. Kemudian, pada menu Bayar, merupakan kemudahan yang diberikan oleh aplikasi LinkAja untuk melakuan pembayaran dengan scanning qr code sehingga akan langsung tampil didalam aplikasi tanpa perlu menginput kode pembayaran.

Menu Inbox berisikan semua pemberitahuan atau notifikasi yang telah berhasil dilakukan, dan menu Akun merupakan menu yang berisi profil dari user, nomor LinkAja, tipe akun, metode pembayaran, email, pengaturan bahasa dan PIN, versi aplikasi LinkAja, dsb.



4. Cara Pake







Pada halaman ini, berisikan panduan penggunaan LinkAja untuk user baru, yaitu dengan mendownoad aplikasi LinkAja pada smartphone, kemudian melakukan registrasi dan melakukan pengisian saldo agar dapat digunakan. Selain itu, terdapat juga informasi mengenai cara pengisian saldo, pembayaran merchant, pembelian pulsa / paket data, melakukan pembayaran pada aplikasi di smartphone, belanja online, serta pengiriman uang.



5. Promo





Halaman Promo ini berisikan semua promo yang ada didalam aplikasi LinkAja dengan penyaringan yang dapat diatur dari periode, lokasi, dan kategori. Promo yang ada pun beragam, dari pembayaran tagihan, isi pulsa atau paket data, pembelian makanan, pengisian bahan bakar, belanja online, pendaftaran kartu kredit, dsb dengan cashback dimulai dari 10% - 30% sesuai dengan promo yang tertera.



6. Artikel
  





Berisikan informasi yang terdapat pada LinkAja, seperti sponsor yang bekerja sama dengan LinkAja, acara yang telah diadakan oleh LinkAja, informasi tentang penggunakan promo, berbagi kebaikan dengan LinkAja berbagi, dsb.



7. Merchant





Merchant LinkAja berisikan perusahaan atau media partner yang bekerja sama dengan LinkAja, sehingga LinkAja dapat memberikan promo maupun cashback dengan perusahaan atau media partner seperti makanan dan minuman, toko ritel, voucher, hiburan, asuransi, lembaga finansial, games, dll.





Analisa Website DANA
Bidang : Keuangan 
Jenis : Mobile Computing

DANA

DANA atau Dompet Digital Indonesia merupakan layanan pembayaran digital berbasis aplikasi, dimana aplikasinya tersedia untuk platform Android melalui Google Play Store maupun platform iOS melalui App Store yang diperkenalkan pada 21 Maret 2018 oleh Vincent Henry Iswaratioso. Dengan menggunakan aplikasi ini, para pengguna melakukan berbagai macam transaksi pembayaran, dari membeli pulsa, membayar tagihan ( listrik, telepon, air hingga BPJS), membeli voucher Google Play, membayar cicilan, dan berbelanja secara online.





DANA adalah dompet digital Indonesia yang didesain untuk menjadikan setiap transaksi nontunai dan nonkartu secara digital, baik online maupun offline  dapat berjalan dengan cepat, praktis dan tetap terjamin keamanannya. Talenta-talenta terbaik Indonesia terus mengembangkan DANA sebagai dompet digital berplatform terbuka yang siap dimanfaatkan untuk mendukung setiap aktivitas ekonomi dan gaya hidup digital semua kalangan masyarakat Indonesia.





Untuk mengakses DANA, dapat membuka dihalaman https://dana.id/ dengan tampilan awal sebagai berikut.





Terdapat beberapa menu yang tersedia didalam website DANA, yaitu :


1. Produk dan Fitur





Pada halaman ini, terdapat beberapa produk dan fitur yang tersedia pada aplikasi DANA, diantaranya yaitu :

a. Wallet

      1.      Menjadi pengguna premium di aplikasi DANA

      2.      Top Up saldo DANA

      3.      Penyimpana kartu bank secara online

      4.      Penarikan saldo dari aplikasi DANA

      5.      Melakukan pembayaran dengan aplikasi DANA

b. Kirim & Minta DANA

      1.      Kirim uang gratis antar bank

      2.      Kirim uang gratis antar DANA

      3.      Kirim uang gratis lewat chat

      4.      Menerima transfer uang dari DANA

      5.      Berbagi saldo dengan pengguna DANA menggunakan DANA Kaget



2. Bisnis dan Partner




DANA juga memberikan kemudahan dalam bertransaksi bagi pelanggan dan membantu untuk mengembangkan usahanya dengan DANA Bisnis, dengan layanan bisnis dan rekan bisnis degnan rincian sebagai berikut :

a. Bisnis

DANA Bisnis adalah sebuah solusi dari DANA untuk membantu kebutuhan pembayaran bisnis, sehingga dapat menerima pembayaran non-tunai (cashless), serta meningkatkan proses dan produktivitas bisnis dari pengguna aplikasi DANA. Biasanya, DANA bisnis ini diperuntukkan untuk usaha perseorangan, dengan mendaftar melalui aplikasi DANA dan mendapatkan starter kit ( berkas – berkas ) dan kemudahan yang diberikan dalam aplikasi DANA. Selain itu, pembayaran dapat dilakukan dengan QR Code atau via Link toko online yang telah disediakan untuk usaha tersebut, serta dapat melakukan penarikan saldo dari keuntunan usaha dan pengecekan semua transaksi yang telah dilakukan.

b. Rekan Binis

DANA memberikan wadah bagi usaha yang lebih besar dan telah memiliki cabang dengan banyak keuntungan seperti memberikan layanan yang unggul dan terdepan, menerima transaksi online yang praktis dan mudah diatur, dengan mendaftarkan usaha tersebut.



3. Karir





DANA Karir merupakan sebuah wadah yang dikembangkan oleh DANA untuk mencari lapangan pekerjaan yang disediakan oleh perusahaan yang bekerja sama dengan DANA. DANA memberikan kenyamanan serta keluwesan bekerja untuk inovasi serta kreasi, menjunjung tinggi prinsip dasar seperti: berorientasi pada pelanggan, kolaborasi, fokus pada kualitas & pencapaian, integritas, kesederhanaan, serta lugas yang mengutamakan kebersamaan dan kerjasama tim. Beberapa bidang minat yang disediakan oleh DANA yaitu :

      a.       Bidang Teknologi

      b.      Bidang Pemasaran

      c.       Bidang Produk, Pengalaman Pengguna & Desain

      d.      Bidang Komunikasi

      e.       Bidang Inovasi

      f.       Bidang Operasi

      g.      Bidang Pengembangan Bisnis

      h.      Bidang Kemasyarakatan

      i.        Bidang Hukum

      j.        Bidang Evaluasi

      k.      Bidang Finansial

Dengan lokasi yang tersedia yaitu :

      a.       Bandung

      b.      Jakarta

      c.       Bali

     d.      Yogyakarta



4. Promo





Promo yang terdapat pada aplikasi DANA dikategorikan menjadi 4 kategori, yaitu :

      a.       Makanan

      b.      Hiburan

      c.       Permainan

      d.      Bank

Dengan perusahaan atau merchant yang bekerja sama sehingga memberikan beberapa promo, seperti diskon pembayaran menggunakan aplikasi DANA, cashback dengan melakukan pembelian di aplikasi DANA, pembagian hadiah tanpa diundi, dan potongan harga ketika menggunakan kartu kredit di aplikasi DANA.



5. Blog





Pada halaman ini, berisikan informasi yang terdapat pada aplikasi DANA, dengan kategori ekonomi digital dan cerita humas, seperti kegiatan yang diselenggarakan oleh DANA, serta artikel penggunaan fitur yang terdapat pada aplikasi DANA, dsb.



6. FAQ ( Frequently Asked Question )





Berisikan tentang daftar informasi online, dimana terdapat pertanyaan yang sering diajukan penguguna dengan jawaban yang sudah disediakan didalam aplikasi DANA. Selain itu, tersedia juga tanggapan standar yang disiapkan oleh instruktur atau teknisi atas beberapa pertanyaan tertentu yang membutuhkan jawaban spesifik, dengan kategori pertanyaan yang meliputi :

      a.       Akun dan Profil

      b.      Saldo

      c.       Transaksi dan Pembayaran

      d.      Kebijakan Privasi

Pada halaman ini pun, juga terdapat informasi tentang syarat dan ketentuan pengunaan aplikasi DANA, beberapa tips untuk pengamanan akun didalam aplikasi DANA, serta informasi mengenai layanan pelanggan dan nomor telepon yang dapat dihubungi untuk meminta bantuan seputar aplikasi DANA.



7. Download





Aplikasi DANA dapat diunduh pada smartphone berbasis Android ( yang dapat diunduh pada Google Play Store ) maupun IOS ( yang dapat diunduh pada App Store ) dengan tampilan awal seperti berikut.





Pada menu Beranda didalam smartphone, terdapat beberapa fitur yang tersedia dan secara langsung dapat digunakan, fitur – fitur tersebut yaitu :

a. Keperluan

      ·         Pulsa / Data
      ·         Listrik
      ·         Air
      ·         Pascabayar
      ·         Telepon
      ·         Internet
      ·         Tv berlangganan
      ·         Gas

b. Hiburan

      ·         Pembelian didalam permainan
      ·         Voucher Digital
      ·         TIX ID

c. Keuangan

      ·         DANA Kaget
      ·         Pengaturan kas
      ·         Pendaftaran keuangan
      ·         Pembagian tagihan
      ·         Transfer via chat
      ·         Pengaturan tagihan
      ·         Transfer ke bank
d. Asuransi Pribadi

      ·         BPJS
      ·         Asuransi
  
e. Donasi

      ·         Dompet Dhuafa
      ·         KitaBisa

f. Belanja

      ·         Lazada

Pada menu Riwayat, berisikan semua transaksi yang pernah dilakukan didalam aplikasi DANA, baik yang pending maupun yang telah selesai, beserta dengan keterangan seperti transaksi yang dilakukan, nomial saldo yang digunakan, serta waktu dan tempat melakukan transaksi tersebut. Kemudian, pada menu Bayar, merupakan kemudahan yang diberikan oleh aplikasi LinkAja untuk melakuan pembayaran dengan scanning qr code atau pembayaran dengan kartu kredit, sehingga akan langsung tampil didalam aplikasi tanpa perlu menginput kode pembayaran.

Menu Paket berisikan hadiah yang pengguna telah dapatkan ketika menggunakan aplikasi DANA, seperti voucher, kartu loyalitas, kupon potongan didalam permainan, masa kadaluarsa serta riwayat penggunaan hadiah yang digunakan oleh pengguna, dan menu Akun merupakan menu yang berisi profil dari user, saldo DANA, pengaturan tagihan, pengaturan DANA Bisnis, versi aplikasi DANA, dsb.


Referensi

[1] https://www.linkaja.id/ pada 9 Maret 2020 pukul 14.23

[2] https://www.linkaja.id/tentang pada 9 Maret 2020 pukul 15.38

[6] https://dana.id/ pada 10 Maret 2020 pukul 19.47

[7] https://gadgetren.com/2018/11/15/apa-itu-aplikasi-dana/ pada 10 Maret 2020 pukul 20.51

[8] https://dana.id/tentang pada 10 Maret 2020 pukul 22.10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik
Tidak ada unsur SARA, Pornografi, Ejekan,dsb
Salam Blogger...!!