Selamat Datang di Blog Saya

Halo pembaca semua, saya harap Anda menikmati apa yang saya ketik. Mudah-mudahan informasi tersebut berguna dan bermanfaat bagi Anda pembaca semuanya.

Salam Kenal ☜☠☞

Senin, 08 Juli 2019

Tutorial Pembuatan Game Balap Liar

Tutorial Pembuatan Game Balap Liar Dengan Python

1. Untuk membuat game balap liar, kita perlu mendownload python terlebih dahulu melalui website https://www.python.org/downloads/ dimana versi dapat disesuaikan atau dengan versi terbaru, kemudian install ke dalam laptop.

Website resmi untuk mendownload python.

2.  Setelah python terinstal didalam laptop, kita akan download pygame dari web https://www.pygame.org/download.shtml, dimana pygame merupakan library python yang akan digunakan untuk memanggil fungsi – fungsi yang ada untuk membuat sebuah game dengan python. Untuk instalasi pygame, dapat mengikuti tutorial dari https://www.youtube.com/watch?v=vGb5EX3XjdI agar tidak terjadi kesalahan saat instalasi.

Website resmi untuk mendownload pygame

 3. Setelah terinstal, kemudian kita akan merancang pembuatan game balap liar dengan flowchart dan rancangan awal sebagai berikut.

Flowchart game Balap Liar

Rancangan tampilan home game Balap Liar


Rancangan gameplay game Balap Liar
 a. Kita menggunakan 4 mobil dalam game Balap liar dan 1 objek berupa skor, dengan penjelasan sebagai berikut :
1. Mobil 1 (berwarna merah hitam) berperan sebagai user yang memainkan game Balap Liar melawan ai yang berperan sebagai mobil lainnya.
2.  Mobil 2 (mobil polisi) berperan sebagai ai yang menghalang mobil utama yang digerakan oleh user yang mengikuti gerakan user.
3. Mobil 3 (berwarna kuning) berperan sebagai ai yang menghalang mobil utama yang digerakan oleh user dengan gerakan kekanan dan kekiri.
4. Mobil 4 (berwarna biru) berperan sebagai obstacle yang muncul ketika mobil utama telah melewati mobil 2 dan mobil 3.
5. Skor berperan sebagai poin bagi user yang telah berhasil melewati obstacle dan menambah kecepatan mobil.
     b.Untuk menggerakan mobil 1 dapat menggunakan keyboard tanda panah  dimana pergerakan keyboard tanda panah dibatasi oleh bentuk jalan yang berada didalam game. 
c   c. Mengatur strategi melewati obstacle dalam game Balap Liar yang bertujuan untuk mendapatkan nilai 5 untuk memenuhi batasan yang telah ditentukan sehingga mobil bertambah cepat dan game berhenti ketika mobil menabrak mobil lain.

Rancangan tampilan game over game Balap Liar

4. Untuk pembuatan game balap liar, kita menggunakan logika seperti berikut

Posisi titik koordinat 
Game balap liar ini menggunakan Pygame yang merupakan library untuk mengembangkan game pada bahasa pemograman python. Inti dari logika pada game ini adalah penempatan objek pada titik koordinat X dan Y Pada dasarnya sebuah tampilan dilayar monitor merupakan sebuah matriks yang berisi koordinat-koordinat tertentu dimana di koordinat tersebut akan dimunculkan sebuah titik – titik yang bersambung hingga membentuk sebuah gambar .Game ini memanfaatkan koordinat tersebut untuk melakukan peletakan objek dan dimanipulasi sehingga terlihat seperti bergerak, karena letak objek tersebut berpindah – pindah mengikuti arah keyboard tanda panah ditekan dan titik koordinatnya

Cara objek mobil berpindah
Sebagai Contoh misalkan kita ingin memindahkan objek mobil ke kanan maka kita harus mengatur titik koordinat X menjadi lebih besar , karena koordinat X semakin ke kanan nilainya akan semakin besar begitu juga jika ingin berpindah ke atas maka titik Koordinat Y yang harus kita manipulasi karena titik Y yang mengatur koordinat Objek secara Vertical. 

5. Setelah itu, kita akan membuat 4 file yang berbeda, karena ada python, untuk pendeklarasian asset berupa gambar tidak dapat menjadi  1 file, sehingga didapati hasilnya akan tampak seperti berikut.

4 file python yang digunakan pada game Balap Liar

6. Pada bagian file Action.py, akan didapati source code berikut


7.  Pada bagian file MAIN.py, akan didapati source code berikut



8. Pada bagian file Object.py, akan didapati source code berikut


9. Pada bagian file var.py, akan didapati source code berikut.


10. Pada folder asset, merupakan folder yang berisi asset yang digunakan didalam game, seperti gambar background, gambar icon, gambar mobil, gambar ledakan, gambar splash screen, font, dsb.

Isi folder asset game Balap Liar

11. Pada folder data berisi file yang akan digunakan untuk menyimpan score didalam game balap liar.

 
Isi folder data game Balap Liar

12. Pada folder music, berisi file music yang digunakan didalam game balap liar.

Isi folder music game Balap Liar


13.  
Untuk menjalankannya, cukup mengklik file MAIN.py sehingga didapati hasil seperti berikut.

·         Tampilan Intro Balap Liar



·         Tampilan Awal  Balap Liar



·         Tampilan Menu Balap Liar



·         Tampilan How To Play



·         Tampilan Play Balap Liar



·         Tampilan Game Telah Berakhir



·         Tampilan Credit Balap Liar


14. Algoritma pada Game Balap Liar
Algoritma yang digunakan dalam game Balap Liar adalah algoritma Minkowski, dimana penerapannya yakni mendeteksi tumbukan ketika menabrak agar akurat sesuai dengan bentuk mobil yang dibentuk poligon konveks.
Langkah-langkah metodenya adalah:
1.      Saat tombol bermain sudah diklik, mobil akan berjalan pada jalan besar dimana mobil ini dapa digerakkan dengan menggunakan keyboard tanda panah.
2.      Kemudian setiap gerakan yang dikenakan terhadap mobil utama, akan diikuti oleh mobil polisi yang telah diberikan kodingan ai.
3.      Setiap mobil yang telah dilewati mobil utama, dapat menambah nilai sebesar 5.
4.      Apabila pertambahan skor sudah mencapai batas yang telah ditentukan, maka kecepatan mobil utama akan meningkat.
5.      Seiring dengan bertambahnya kecepatan mobil, maka gerakan mobil polisi dan mobil yang telah diberikan ai akan semakin meningkat sehingga meningkatkan kesulitan dalam game Balap Liar.
6.      Permainan akan berakhir ketika mobil utama menabrak mobil polisi maupun mobil lain yang digunakan sebagai penghalang.

Untuk melihat pembuatan game Balap Liar secara detail, dapat melihat video dibawah ini atau pada link https://www.youtube.com/watch?v=Crw35BDGinE&t=8s.




Sekian tutorial pembuatan game balap liar dari saya, diharapkan untuk teman projek yang bernama Mentari Nur Hakiki agar tidak melakukan plagiat dalam pembuatan artikel dan menghargai kaidah tentang hak cipta, Terimakasih :D 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik
Tidak ada unsur SARA, Pornografi, Ejekan,dsb
Salam Blogger...!!