Selamat Datang di Blog Saya

Halo pembaca semua, saya harap Anda menikmati apa yang saya ketik. Mudah-mudahan informasi tersebut berguna dan bermanfaat bagi Anda pembaca semuanya.

Salam Kenal ☜☠☞

Rabu, 15 Januari 2020

Review & Kerangka Proposal Kelompok Adermi (Kologad)


REVIEW PROPOSAL
PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA

“Perusahaan Adermi Penyedia Jasa Hosting Domain“





Mata Kuliah : Pengantar Bisnis Informatika
Dosen : Jamilah, S.KOM., MT.


Disusun oleh kelompok:
Ali Romansyah (50416586)
Dwi Ayu Winda Lestari (52416177)
Edoardo Jovan (52416252)
Jourdy Hanson Bintang (53416772)
Miqdad (54416414)
Zaki Maulana (57416911)




KELAS 4IA18
UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA





Review Perusahaan Kelompok Lain & Kerangka Proposal Bisnis yang Baik dan Benar



Review Perusahaan Kelompok Lain


Review  Kelompok Ritza Corp

Ritza Corp sebagai usaha penyedia set PC pemasangan jaringan server-client dan maintenance memiliki 6 anggota. Perusahaan tersebut memiliki tujuan untuk memanfaatkan potensi yang ada meskipun sudah banyak jasa pemasangan dan instalasi jaringan  tetapi tidak memperhatikan kualitas produk serta kenyamanan pelanggan.

Dengan mengusung nama “Ritza Corp”, perusahaan tersebut keberhasilannya ditentukan oleh pelayanan jasa yang terbaik, anggota tim yang memiliki skill yang kompeten, dan memiliki jasa maintenance sendiri tanpa perlu menyewa dari luar. Pegawai perkantoran seperti guru sekolah dan dosen yang berada di sekitar tempat usaha menjadi sasaran utama dari perusahaan Ritza Corp.

Produk dan jasa yang ditawarkan seperti software sistem operasi server & client (Windows server, Ubuntu, Debian, dll), perangkat PC (CPU, Monitor, Keyboard, dan Mouse), perangkat server (router, switch, rak server), dan perlengkapan lainnya. Untuk perkiraan jumlah persediaan produk dan jasa memakai sampel 1 bulan awal begitupula dengan perkiraan jumlah permintaan konsumen yang dilihat dari perkiraan jumlah persediaan produk dan jasa. Penjualan produk dan jasa dalam bulan 1-3 memliki keuntungan sebesar Rp. 12.650.000.



Review Perusahaan “Dark Fiber”

Dark Fiber merupakan perusahaan penyediaan layanan jaringan  Internet Service Provider (ISP). Penggunaan nama Dark Fiber sendiri diambil dari salah satu jenis kabel jaringan yang sekarang banyak digunakan karena memiliki kecepatan yang tinggi sehingga lebih familiar dan mudah diingat. Perusahaan ini memiliki usaha yang mengedepankan 3K (Kecepatan, Ketepatan, Kepastian) dari setiap produk layanan internet yang ditawarkan dan diharapkan mampu menyediakan pelayanan internet dengan kualitas terbaik. Rumahan, perkantoran, dan lingkungan pendidikan menjadi sasaran utama dari perusahaan ini.

Dengan melihat dari kebutuhan akan internet service provider kian meluas, Dark Fiber berfokus pada daerah Bekasi dan sekitarnya. Dark Fiber memiliki keunggulan seperti memberikan garansi produk, gratis biaya maintenance, pelayanan yang nyaman dan berkualitas dan paket pelayanan yang beragam sertama kelemahannya seperti kemampuan SDM yang belum bisa memenuhi keinginan konsumen dan promosi yang dilakukan belum meluas. Namun peluang yang ada seperti harga yang ditetapkan pesaing cukup mahal dibandingkan perusahaan ini dapat membantu perusahaan Dark Fiber lebih dikenal masyarakat tetapi memperhatikan juga ancaman seperti banyaknya penjual jasa yang menawarkan fasilitas lebih lengkap.



Review Bisnis Software House (OOP)

OOP merupakan kepanjangan dari Oke Oce Production, yang diambil dari salah satu konsep bahasa pemrograman yaitu Object Oriented Programming terlebih juga karena perusahaan ini berfokus pada bidang Mobile Application, Web Application, SEO (Search Engine Optimization) Analyst. Perusahaan ini berharap menjadi yang terdepan karena menggunakan teknologi tebaru dan menghasilkan produk inovatif serta menyediakan pelayananan dengan kualitas produk yang terbaik.

OOP memiliki jumlah pekerja sebanyak 6 orang dimana memiliki tugas nya masing-masing sebagai IT Project Maager, sekretaris, bendahara, dan programmer dimana tiap pekerja mampu menguasai pemrograman web HTML, PHP, CSS dan Javascript, menguasai pemrograman mobile React Native, dan lain lain. Berbekal dari menghasilkan produk yang inovatif serta menggunakan teknologi terbaru tetapi perusahaan ini juga memerlukan modal yang besar serta produksi pun tergantung dari pemesanan dari client.

Dengan sedikit perusahaan lain yang mengimplemtasi SEO Analysis dan menyediakan layanan maintenance dan konsultasi masalah IT secara gratis, menjadi salah satu peluang dalam menjalankan bisnis ini namun perlu juga memperhatikan ancaman seperti banyaknya perusahaan yang bergerak di bidang yang sama dengan perusahaan ini dan kurangnya minat perusahaan yang menggunakan jasa pembuatan aplikasi. Teman-teman yang sudah mengetahui kapasitas kerja serta kemampuan perusahaan tersebut, perusahaan-perusahaan kecil ataupun menengah, lembaga swasta ataupun pemerintah dan masyarakat yang berada di sekitar tempat usaha menjadi sasaran utama dari OOP.

Jenis layanan yang ditawarkan OOP yaitu mobile apps (pembuatan UI/UX dari rancangan mobile apps, maintenance dan update, dan lain-lain), SEO (pembuatan unik URL, optimasi dengan keyword yang cocok untuk website yang dibuat, dan lain-lain), web application (web design, perancangan database dan struktur data, dan lain-lain). Perkiraan jumlah permintaan konsumen seperti pembuatan website itu sebesar Rp 201.200.000 serta rencana anggaran biaya yang telah ditetapkan yaitu sebesar Rp 205.770.000.



Review Arkanis Vision

Arkanis Vision merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang perencanaan dan pembangunan kota pintar (Smart City) menjadi developer Smart City yang berbekal tenaga ahli yang kompeten pada bidangnya dan juga teknologi terbaru. Perusahan yang terletak di Jakarta Pusat ini menjadi developer Smart City dengan teknologi Computer Vision pertama di Indonesia dengan kerja maksimal demi tercipatanya ekosistem kota yang lebih baik serta berharap untuk menciptakan kota pintar untuk menunjang keamanan dan kenyamanan masyarakat. Pemerintah kota dan institusi negara menjadi sasaran dari perusahaan ini.

Memiliki sumber daya yang berkualitas, menggunakan teknologi terbaru, dapat bekerja sesuai target yang ditentukan serta developer terbaik di Indonesia menjadi kekuatan tersendiri dari Arkanis Vision tetapi masih ada kekurangan dalam hal modal yang besar dan konsep Smart City yang belum tersosialisasikan. Peluang yang dapat diambil yaitu belum banyak perusahaan yang bergerak dalam perencanaan kota pintar dan merupakan hal naru di Indonesia sehingga Arkanis Vision dapat mengambil keuntungan dari peluang tersebut. Produk atau jasa yang ditawarkan meliputi Face Recognition (Pengenalan Wajah), People Trajectory (Lintasan pejalan/orang), Vehicle Counting and Classuification (Penghitung dan Klasifikasi Kendaraan), dan License Plate Recognition (Pengenalan plat kendaraan).

Setelah dilakukan rincian dalam penjualan produk/jasa pada bulan 1-3, untuk perkiraan permintaan konsumen yaitu sebesar Rp 1.120.000.000. Sebagai upaya partisipatif untuk berkontribus dalam membangun Indonesia  melalui keterampilan, peluang, dan niat baik yang harus dilakukan, disitulah peran Arkanis Vision sebagai katalis kuat revolusi bangsa dalam kemajuan teknologi.




Kerangka Proposal Bisnis yang Baik dan Benar

Cover dan Halaman Judul
Kata Pengantar
Daftar Isi
Executive Summary
BAB I. PENDAHULUAN
1.1    Identitas Perusahaan
1.2    Bidang Usaha dan Bentuk Umum Usaha
1.3    Visi dan Misi Perusahaan
1.4    Tujuan dan Sasaran Perusahaan
1.5    Analisis Kompetensi SDM
1.6    Rencana Pengembangan Usaha
1.7    Keberhasilan Usaha
1.8    Analisa SWOT
BAB II. ASPEK PASAR DAN RENCANA PEMASARAN
2.1    Gambaran Umum Pasar
2.2    Analisa Pemasaran
      2.2.1 Konsumen
      2.2.2 Strategi Pemasaran
      2.2.3 Analisis Pesaing
      2.2.4 Peluang Usaha
BAB III. ASPEK PRODUKSI
3.1 Produk dan Jasa

3.2 Jumlah Tenaga Kerja

BAB IV. ASPEK KEUANGAN
4.1 Rencana Anggaran Biaya

BAB V. PENUTUP
5.1 Kesimpulan

5.2 Saran

LAMPIRAN



      1.      Cover dan Halaman Judul Proposal Bisnis

Cover atau sampul proposal merupakan salah satu hal pentig dalam membuat proposal bisnis, karena sebagai pintu masuk untuk menarik investor dan bersedia membacanya. Pembuatan cover yang asal-asalan akan menjatuhkan karakter atau privacy pembuat proposal itu sendiri karena tidak memahami standar kelayakan permohonan kerjasama. Investor akan merasa lebih dihargai bila cover proposal dibuat dengan tingkat elegansi yang pantas, karena hal itu menyangkut dengan besarnya nilai investasi yang akan dikeluarkan bila proposal tersebut disetujui.

Pada umumnya jenis cover disesuaikan dengan tebal tipisnya proposal. Bisa memakai hard cover atau kertas keras atau cover yang transparan berbahan plastik mika. Halaman judul yang ada pada cover biasanya meliputi: jenis usaha, nama usaha dan penyusun atau pihak yang mengajukan proposal (bisa lembaga atau perorangan). Untuk menambahkan daya tarik tampilan cover bisa dimuat gambar atau foto kegiatan yang bertema sama dengan isi proposal yang akan diajukan.


      2.      Kata Pengantar

Kata pengantar adalah halaman yang berisi ucapan-ucapan dari kelompok yang mengajukan proposal usaha atas selesainya penulisan karya tulis tersebut baik tentang ucapan rasa syukur, ucapan rasa terima kasih, tujuan dan manfaat penulisan serta kritik dan saran yang membangun, dan pada umumnya terdapat kalimat pengharapan dan juga penjelasan terkait tema dan isi makalah yang dibuat.

Kata pengantar sangat untuk menunjang profesionalitas dan kredibilitas makalah yang telah diselesaikan. Selain itu, adanya kata pengantar juga mewujudkan rasa hormat kelompok yang mengajukan proposal terhadap pembacanya. Dalam merangkai kalimat pengantar tentunya harus menggunakan bahasa baku dan kalimat yang efektif serta mudah dimengerti oleh pembaca.


      3.      Daftar Isi

Daftar isi merupakan urutan judul pada tiap bab beserta halaman yang terdapat pada proposal bisnis yang berfungsi untuk memudahkan pembaca mencari judul penulisan secara cepat tanpa harus mencari satu persatu. Atau dengan kata lain daftar isi berfungsi sebagai peta bagi pembaca, sehingga membuat pembaca lebih mudah untuk menemukan informasi dalam proposal berdasarkan judul dan nomor halaman. Daftar isi yang baik harus disusun dengan baik, mudah dibaca dan mudah digunakan.


      4.      Executive Summary

Ringkasan eksekutif merupakan ringkasan berkas prastudi kelayakan yang berfungsi sebagai highlight dalam business plan yang dapat menentukan pengambilan keputusan dalam melakukan kerjasama dan berfungis untuk menarik mita pembaca dengan rencana bisnis yang ingin dijalankan, dan membuat investor tertartik untuk memberi pinjaman modal maupun melakukan investasi.


      5.      Bab 1 Pendahuluan

Sub bab ini memuat hal-hal yang menjadi dasar pemikiran atau latar belakang dibuatnya proposal usaha. Alur penulisan biasanya terlebih dahulu disampaikan tentang kondisi global yaitu informasi atau data aktual yang berkaitan dengan berbagai keadaan di luar usaha yang secar tidak langsung maupun langsung berpengaruh terhadap usaha yang akan dijalankan seperti: perkembangan terkini, perkembangan ekonomi nasional atau internasional, tuntutan kebutuhan pokok, melimpahnya ketersediaan sumber daya ataupun bahan baku, tingkat permintaan atas produk tertentu, terbatasnya pesaing usaha, pemanfaatan peluang bisnis dan lain sebagainya.
Kemudian dengan pertimbangan beberapa hal tersebut dibahas semakin meruncing menuju pada alasan pokok yang menjadi dasar pemikiran pemilihan jenis usaha yang akan dijalankan. Bab 1 pendahuluan ini biasnya terdiri dari :
a.      Identitas Perusahaan
Menjelaskan tentang asal muasal suatu perusahaan berdiri, seperti asal muasal nama perusahaan, usaha seperti bagaimana yang akan dilakukan, dsb.

b.      Bidang Usaha dan Bentuk Umum Usaha
Menjelaskan tentang bidang usaha yang akan dijalankan dan serta bentuk dari perusahan tersebut.

c.       Visi dan Misi Perusahaan
Visi merupakan pandangan masa depan suatu perusahaan, bisa juga dikatakan sebagai tujuan suatu perusahaan tersebut didirikan, dan bagaimana perusahaan tersebut mencapai tujuannya dimasa mendatang.

Misi merupakan tentang tindakan yang dilakukan perusahaan dalam mewujudkan visi tersebut dan memberikan arah serta batasan dalam proses untuk mencapai tujuan.

d.      Tujuan dan Sasaran Perusahaan
Tujuan yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan harus disampaikan secara jelas dan baik dari beberapa aspek, seperti peningkatan kesejahteraan ekonomi, aspek pemanfaatan potensi sumber daya, dll sehingga menguatkan pertimbangan inverstor untuk melakukan peminjaman modal maupun investasi pada suatu perusahaan.

Sasaran perusahaan menetapkan apa yang ingin dicapai secara spesifik, dan dapat juga menyangkut dengan jenis jenis customer yang ingin ditargetkan dari usaha yang akan dijalankan tersebut.

e.       Analisis Kompetensi SDM
Melakukan analisa kemampuan sumber daya manusia yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha, dan melakukan rincian keahlian yang dimiliki oleh tiap pegawai dalam perusahaan tersebut.

f.       Rencana Pengembangan Usaha
Beberapa hal yang akan digambarkan di masa mendatang ketika sebuah perusahaan sudah semakin berkembang, serta keinginan yang akan diwujudkan dimasa depan, seperti menambah karyawan baru, melakukan perluasan dengan membuka cabang, melakukan upgrade kantor, dll.

g.      Keberhasilan Usaha
Berisikan hal-hal yang membuat suatu perusahaan akan berhasil dimasa depan, seperti komitmen yang harus dijalanan dalam perusahaan tersebut.

h.      Analisa SWOT
Merupakan metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan / strenghts ( berisi kekuatan perusahaan tersebut ), kelemahan  / weaknesses ( berisi kekurangan yang ada  ), peluang / opportunities ( bagimana kemungkinan usaha akan dijalankan ), dan ancaman / threats ( adanya perusahaan pesaing atau ancaman dari luar ) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.



      6.      Bab 2 Aspek Pasar dan Rencana Pemasaran

Aspek pasar adalah inti dari penyusunan sebuah proposal, karena permintan pasar terhadap produk atau jasa merupakan dasar untuk menyediakan produk atau jasa tersebut. Oleh karena itu studi mengenai aspek pasar bertujuan untuk mengetahui besarnya permintaan terhadap produk atau jasa yang akan disediakan dan menempatkan produk atau jasa yang akan dipasarkan pada posisi yang menguntungkan sehingga proyek bisa dijalankan.

Aspek pasar yang dianalisa meliputi permintaan pasar terhadap produk atau jasa yang akan disediakan, analisa tingkat persaingan dan strategi pesaing dalam memasarkan produk atau jasa, sehingga bisa dirancang produk atau jasa dan metode pemasaran yang bisa memenangkan persaingan.

Rencana pemasaran merupakan ujung tombak dari seluruh aktivitas usaha, karena melalui proses pemasaran sebuah produk atau jasa usaha dapat dikenalkan dengan masyarakat konsumen. Sehingga pemasaran yang terencana dengan baik dan sistematis akan berdampak pada kelangsungan usaha secara signifikan.

a.      Gambaran Umum Pasar
Memberikan gambaran umum pasar tentang usaha yang akan dijalankan, dengan maksud untuk mengetahu bagaiman kondisi pasar tersebut berdasarkan usaha yang akan dijalankan.

b.      Analisa Pemasaran
Analisis pasar adalah suatu penganalisasisan atau penyelenggaran untuk mempelajari berbagai masalah pasar. Analisis pasar akan menyangkut lokasi pasar, luasnya pasar, sifatnya pasar dan karakteristik pasar.

Keberhasilan usaha perusahaan dapat ditentukan oleh ketepatan strategi pemasaran yang di terapkannya dengan dasar memeperhatikan situasi dan kondisi dari analisis pasarnya. Di dalam mengnalisis pasar, perusahaan perlu meninjau jenis pasar produknya, motif dan perilaku, segmen pasasr dan penentu sasaran pasarnya.

Beberapa hal yang mencangkup analisa pemasaran seperti :

1.      Konsumen
Mentargetkan konsumen dalam melakukan analisa pasar agar usaha dapat berjalan ke target konsumen yang tepat.

2.      Perkiraan Jumlah Permintaan
Melakukan simulsi tentang penjualan produk atau penyediaan dari sisi konsumen agar persediaan baik produk atau jasa sesuai dengan keuangan perusahaan tersebut.

3.      Strategi Pemasaran
Merupakan upaya memasarkan suatu produk, baik itu barang atau jasa, dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi. Strategi pemasaran ini mencakup keterangan produk, keunggulan produk dan jasa, harga produk, jalur penjualan, promosi, garansi, dsb

4.      Analisis Pesaing
Mengidentifikasikan kekuatan maupun kelemahan perusahaan pesaing sehingga dapat membuat keputusan untuk memproduksi produk atau jasa yang akan dipasarkan. Analisis pesaing ini mencakup tahap survey pesaing, jumlah pesaing, keunggulan pesaing, kelemahan pesaing, dsb

5.      Peluang Usaha
Kesempatan yang dimiliki perusahaan untuk mencapai tujuan ( keuntungan, uang, kekayaan ) dengan cara melakukan usaha yang memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki dengan produk atau jasa yang dipasarkan.


      7.      Bab 3 Aspek Produksi

Aspek yang menjelaskan suatu produksi produk atau jasa yang ada dalam suatu perusahan tersebut, yang mencakup

a.      Produk atau Jasa
Berisikan produk atau jasa yang akan dibuat atau dipasarkan dalam suatu perusahaan, bisa hanya produk, hanya jasa, atau keduaya

b.      Proses Produksi
Meliputi bagaiman produk atau jasa itu dipasarkan kepada konsumen, seperti datang ke tempat perusahaan secara langsung, atau dapat dihubungi melalui social media / customer service, dsb

c.       Jumlah Tenaga Kerja
Banyaknya tenaga kerja yang dibutuhkan untuk menjalankan perusahaan, sehingga perlu adanya pendataan dan penjelasan skill serta kegiatan yang akan dilakukan dalam perusahaan tersebut.


      8.      Bab 4 Aspek Keuangan

Aspek keuangan merupakan aspek yang digunakan untuk menilai keuangan perusahaan secara keseluruhan, mengatur pendapatan dan pengeluaran perusahaan, membuat rencana modal, maupun memperkirakan prospek keuangan.

Untuk pengajuan proposal bisnis, hal yang sangat penting dalam aspek keuangan yaitu :

a.      Rencana Anggaran Biaya
Merupakan rencana biaya yang akan dikeluarkan untuk mendirikan suatu perusahaan yang dijelaskan secara rinci, baik keperluan untuk menunjang pelayanan produksi produk atau jasa, serta keperluan lainnya.


     9.      Bab 5 Penutup

Berisikan kesimpulan secara menyeluruh dari proposal bisnis yang telah dibuat, serta berkaitan dengan pembahasan yang ada dialam proposal bisnis.

Serta saran yang menunjang pada masukan yang ada terhadap proposal bisnis untuk perkembangan perusahaan dimasa mendatang.


      10.   Lampiran

Beberapa data pendukung dari proposal bisnis yang dibuat, yang tidak mungkin untuk dimasukkan, dapat dilampirkan pada bagian akhir proposal setelah lembar penutup. Proposal yang didukung dengan data atau dokumen yang lengkap dan rinci akan sangat membantu dalam pengambilan keputusan realisasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik
Tidak ada unsur SARA, Pornografi, Ejekan,dsb
Salam Blogger...!!