Selamat Datang di Blog Saya

Halo pembaca semua, saya harap Anda menikmati apa yang saya ketik. Mudah-mudahan informasi tersebut berguna dan bermanfaat bagi Anda pembaca semuanya.

Salam Kenal ☜☠☞

Selasa, 06 Maret 2018

Contoh Penggunaan Web Semantic : Microsoft


Analisis penggunaan web semantic pada web Microsoft

Tampilan awal web microsoft

 
Microsoft Corporation (NASDAQ: MSFT) adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkantor pusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat yang mengembangkan, membuat, memberi lisensi, dan mendukung beragam produk dan jasa terkait dengan komputer. Perusahaan ini didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tanggal 4 April 1975. Microsoft merupakan pembuat perangkat lunak terbesar di dunia menurut pendapatannya. Microsoft juga merupakan salah satu perusahaan paling bernilai di dunia.

Microsoft didirikan untuk mengembangkan dan menjual penerjemah BASIC untuk Altair 8800. Perusahan ini berhasil mendominasi pasar sistem operasi komputer pribadi dengan MS-DOS-nya pada pertengahan 1980-an, diikuti dengan jajaran sistem operasi Microsoft Windows. Penawaran umum perdana Microsoft tahun 1986, dan kenaikan tajam harga sahamnya, menciptakan tiga miliuner dan 12.000 jutawan di kalangan karyawan Microsoft. Sejak 1990-an, perusahaan ini semakin terdiversifikasi dari pasar sistem operasi dan telah melakukan sejumlah akuisisi perusahaan. Pada bulan Mei 2011, Microsoft membeli Skype Technologies senilai $8,5 miliar dan menjadi akuisisi termahal sepanjang sejarah Microsoft.

Microsoft memiliki sebuah web yang berada di laman https://www.microsoft.com/id-id/ dimana web microsoft ini memiliki domain indonesia. Web microsoft ini merupakan salah satu contoh penggunaan web semantic yg berisi informasi tentang produk - produk, dukungan, layanan x-box, maupun search engine yang terdapat didalam microsot tersebut.

Beberapa kelebihan penggunaan web semantic microsoft ini diantaranya adalah :
- Tampilan halaman depan web yang terkesan simpel dan sederhana, ditambah dengan beberapa gambar yang membuat orang yang mengunjunginya tidak bosan.
- Microsoft memiliki sebuah asisten yg dinamakan cortana, dimana asisten ini dapat membantu pengguna untuk mencari informasi yang diinginkan.
- Menampilkan beberapa hasil pencarian dengan tepat dan akurat
- Apabila tidak menemukan pencarian yg diinginkan, maka search engine akan menampilkan beberapa saran untuk tetap mencari yg diinginkan.


Kekurangan :
- Mesin pencari pada web microsoft tidak dapat digunakan untuk mencari nama aplikasi ataupun produk lokal.
- Cortana merupakan sebuah asisten yang hanya ada dalam sistem operasi windows 10, dimana untuk dapat menggunakan cortana, kita harus menggunakan os windows 10.
- Beberapa klasifikasi yang ada didalam web tersebut masih belum tertata sesuasi klasifikasinya sehingga membingungkan user
- Tidak dapat mencari produk yang bukan merupakab buatan microsoft


Sumber :
https://www.microsoft.com/id-id/

Taniar, David. 2016. Web Semantic Ontology. Australia : Yurhak Printing Inc.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik
Tidak ada unsur SARA, Pornografi, Ejekan,dsb
Salam Blogger...!!